Ini Alasan Yamaha Pakai Kata Turbo untuk Nmax Terbaru

 

JAKARTA - Yamaha Nmax generasi terbaru hadir dengan empat varian termasuk 'Turbo' yang dijual mulai Rp37.750.000 juta, dan varian 'Turbo' disebut menjadi yang terlaris.

Bicara embel-embel 'Turbo' pada Nmax generasi terbaru ini tentunya tak sedikit yang penasaran mengapa Yamaha menyematkan kata tersebut. Tentunya bukan tanpa alasan, seperti yang diungkapkan oleh Deputy General Manager Marketing Communication Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro.

"Sebenarnya untuk mengkomunikasikan teknologi terbaru dari Yamaha yang menggunakan Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT), itu kita coba mencari kata-kata atau istilah yang mudah dipahami," katanya, kepada awak media di beberapa waktu lalu, di Cibinong.

Anton melanjutkan tercetus nama 'Turbo' yang menjadi pilihan. Ia mengatakan, nama tersebut bukan sekadar penamaan saja.

"Melainkan memang benar-benar ada sensasi 'Turbo', soalnya teknologi ini kan ada di dalam mesin tidak bisa dilihat langsung, begitu juga dengan YECVT," tambahnya.

Berdasarkan keterangan dari Yamaha, memang terdapat beberapa perbedaan pada Nmax generasi terbaru, termasuk dengan kehadiran Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT).

Perbedaan yang paling menonjol pada mesin Nmax 'Turbo' adalah penggunaan teknologi YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional, dimana cara kerjanya memanfaatkan roller dengan gerak sentrifugal. YECVT sendiri bekerja dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus yang meliputi Control Unit, Actuator serta beberapa Sensor.

Terdapat beberapa fungsi yang dihadirkan, seperti Transmission Control Unit (TCU) yang mengatur pergerakan ECVT motor dengan menginformasikan kondisi ECVT ke Smart Generator Control Unit (SGCU). Selain itu, untuk ECVT Motor untuk menggerakan Pulley Primary.

Fungsi lain yaitu sensor Motor Position (Primary) yang bekerja mendeteksi pergerakan Pulley Primary dan memberikan input ke Transmission Control Unit (TCU), serta speed Sensor (Secondary) yang mendeteksi pergerakan Pulley Secondary dan memberikan input ke TCU.

Sementara untuk komponen penggerak YECVT sendiri, terdiri dari Primary Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan juga Gear Reduction Driven.

Selain itu,  diameter Pully juga di desain lebih besar 10mm, V-belt lebih lebar 0,8mm, dan Spring Secondary yang lebih Panjang 48.7mm serta lebih keras 163N pada area CVT Nmax 'Turbo' sehingga membuat akselerasi motor menjadi lebih responsif.

Dengan penambahan teknologi YECVT pada mesin Nmax Turbo membuat skutik ini dilengkapi dengan fitur canggih yang mendukung kualitas berkendara di level tertinggi, yaitu Riding Mode dengan 2 pilihan berkendara yang meliputi S-Mode (untuk perjalanan jarak jauh atau touring) dan T-Mode (untuk mobilitas perkotaan) serta Y-Shift yang membantu pengendara meningkatkan akselerasi ataupun deselerasi secara instan dalam 3 tingkatan, Low , Medium dan High.