Hyundai Santa Fe Hybrid Sapa Pasar Singapura, Kapan Indonesia?

JAKARTA - Komoco Motors atau Hyundai Singapura menambah jajaran pilihan mobil ramah lingkungan untuk pasar lokal, dengan meluncurkan All New Hyundai Santa Fe Hybrid di Dusit Thani Laguna.

Mengutip dari laman Carbuyer SG, Senin, 24 Juni, SUV ini memiliki desain yang futuristik berkat kehadiran beberapa lekukan dinamis, dan terlihat tangguh berkat kehadiran roda berukuran 20 inci.

"Sejak debut SANTA FE generasi pertama 23 tahun lalu, SUV ikonis ini telah memenangkan hati jutaan pelanggan di seluruh dunia," kata Presiden dan CEO Hyundai Motor Company Jaehoon Chang.

Hal menarik yang ditawarkan dari mobil satu ini yaitu di balik kap mesinnya, di mana hadir dalam turbo hybrid. Santa Fe Hybrid di Singapura hadir dalam dua varian yaitu Turbo Hybrid standar dan Turbo Hybrid Calligraphy.

Kedua varian yang dihadirkan menggunakan mesin bensin 1.600 cc turbo hybrid yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 215 hp dan torsi mencapai 367 Nm. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan, memberikan kombinasi yang optimal antara performa dan efisiensi bahan bakar.

"Identitas All-New Santa Fe yang berani dan bertenaga, yang mencakup lanskap luar ruangan dan perkotaan tanpa batas, akan membangun kehadiran yang tak tertandingi di pasar SUV ukuran menengah," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Executive Chairman Komoco Motors Pte Ltd Teo Hock Seng mengungkapkan SUV Santa Fe 2024 ini mewakili terobosan Hyundai dalam gaya yang disempurnakan dan selera yang lebih tinggi.

"Model ini membuktikan bahwa Hyundai mampu memadukan desain yang mengesankan dengan kepraktisan, dengan tetap mempertahankan inti dari menciptakan mobil yang andal dan aman serta ramah lingkungan," ungkap Teo.

Hyundai baru memasarkan satu tipe Santa Fe Hybrid yaitu Calligraphy yang dibanderol 277.999 dolar Singapura atau setara Rp3,3 miliaran.

Seperti diketahui, Hyundai Indonesia juga tak menampik kemungkinan akan membawa model Hybrid Santa Fe untuk pasar tanah air. Seperti diungkapkan oleh Chief Marketing Officer Hyundai Motors Indonesia, Budi Nur Mukmin.

"Skenario akan selalu ada, tapi saya belum bisa bicara sekarang, apakah Santa Fe akan ada varian hybrid atau tidak, yang pasti saat ini fokus di mobil listrik," katanya, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Apakah tahun ini model tersebut akan juga hadir? Tentunya patut ditunggu.