Koper Berisi MacBook hingga Perhiasan Ditemukan di Rumahnya, Pekerja Toko Bandara Didakwa Lakukan Pencurian Berat

JAKARTA - Seorang pria Florida, Amerika Serikat menghadapi dakwaan pencurian berat di Broward County, setelah seorang penumpang pesawat yang dijadwalkan terbang dari Bandara Internasional Fort Lauderdale-Hollywood pada Bulan Maret melacak barang bawaannya yang dicuri ke rumah pria tersebut, menurut surat pernyataan penyebab yang mungkin dalam kasus tersebut.

Junior Geneus Bazile (29) dari Fort Lauderdale telah didakwa melakukan pencurian berat tingkat tiga.

Ini bermula saat korban yang bernama Paola Garcia dijadwalkan meninggalkan bandara dengan penerbangan Spirit Airlines pada malam hari tanggal 3 Maret, dikutip dari CNN 20 Juni.

Garcia mengatakan kepada afiliasi CNN, WPLG di Miami, dia biasanya membawa koper jinjingnya ke dalam pesawat. Tetapi, kali ini dia diberitahu harus menitipkannya.

Tetapi, maskapai kemudian membatalkan penerbangan dan memberi tahu semua penumpang, mereka dapat mengambil barang bawaan terdaftar mereka di sabuk bagasi di Terminal 4, kata surat pernyataan tersebut.

Garcia mengatakan telah menunggu setidaknya dua jam untuk koper jinjing merah mudanya, yang berisi Apple MacBook, Apple iPad, Apple Watch, perhiasan, pakaian wanita kelas atas, dan perlengkapan mandi. Barang-barang itu tidak pernah keluar dari sabuk bagasi.

Dalam wawancaranya di WPLG, Garcia mengatakan Spirit Airlines memberi tahu dia bahwa barang bawaannya telah dikirim ke rumahnya. Namun, barang bawaan itu tidak pernah datang.

Garcia pun mencari cara lain dengan pelacak elektroniknya sendiri. Ia kemudian memberi sinyal ping pada barang-barang elektronik di dalam tas untuk mencoba menemukannya. Sinyal ping tersebut menunjukkan barang-barang itu berada di sebuah alamat di Fort Lauderdale, kata surat pernyataan.

Dia kemudian pergi untuk mengambil barang-barangnya dari alamat tersebut, tetapi dia tidak dapat menghubungi siapa pun di dalam rumah, kata surat pernyataan.

Saat berada di rumah, dia mengambil video dan foto, di mana dia melihat "beberapa potong barang bawaan di depan rumah," tidak ada satu pun yang merupakan miliknya, kata surat pernyataan.

Garcia memberi tahu WPLG bahwa ia menelepon 911. "Hal pertama yang saya ingat dari polisi adalah: 'Apa yang Anda lakukan di sini? Sangat berbahaya bagi Anda untuk berada di sini.'"

Ketika seorang detektif dari Kantor Sheriff Broward County mencari alamat tersebut dalam basis data karyawan bandara, ia menemukan Bazile dilaporkan tinggal di alamat tersebut.

Menurut surat pernyataan, Bazile tercatat bekerja di toko Paradies Lagardère Travel Retail di bandara dan sedang bekerja pada hari pencurian.

Manajer pencegahan kerugian toko dihubungi, dan ia memberikan detektif rekaman CCTV internal dari hari kejadian, yang diduga memperlihatkan Bazile memasuki ruang penyimpanan toko dengan koper jinjing berwarna merah muda, yang sesuai dengan deskripsi yang dicuri, kemudian mengobrak-abriknya, kata surat pernyataan.

Ia kemudian tampak mengambil MacBook dan barang-barang kecil lainnya dari koper dan menaruhnya di tas lain. Sebuah video WPLG memperlihatkan foto seorang pria yang sedang memegang tas plastik berisi koper berwarna merah muda dan laptop.

"Paradies Lagardère menanggapi masalah ini dengan sangat serius. Segera setelah mengetahui insiden tersebut, karyawan tersebut diberhentikan. Karena ini adalah masalah kepolisian yang sedang berlangsung, kami telah bekerja sama dalam penyelidikan dan merekomendasikan untuk menghubungi Departemen Kepolisian Fort Lauderdale untuk informasi lebih lanjut," kata perusahaan itu kepada CNN.

Setelah didakwa dengan pencurian besar-besaran tingkat tiga, Belize mengaku tidak bersalah dan membayar uang jaminan sebesar 30.000 dolar AS. Tanggal pengadilan berikutnya dijadwalkan pada 23 Agustus, menurut catatan pengadilan.

Dalam sebuah pernyataan, Spirit Airlines mengatakan kepada CNN, meskipun mereka "tidak mengetahui adanya bukti bahwa ada karyawan Spirit yang terlibat," maskapai itu mengeluarkan cek penggantian kepada wanita yang kopernya dicuri, "sebagai bentuk penghormatan."