Tak Hadiri Perayaan HUT Jakarta di PRJ Saat Ada Anies, Heru Budi: Saya Rapat Sampai Malam

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjelaskan alasan dirinya tak mengadiri perayaan HUT ke-497 Kota Jakarta yang digelar di Jakarta Fair Kemayoran atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) pada Jumat, 21 Juni kemarin.

Kehadiran Heru sebagai kepala daerah dalam pesta kembang api di PRJ kemarin digantikan oleh Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma. Sementara, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir dalam acara tersebut.

Semalam, Heru mengaku sibuk mengurusi persiapan rangkaian acara HUT ke-79 Republik Indonesia. Mengingat, Heru juga mengemban jabatan sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres).

"Itu saya rapat sampai malam terkait dengan HUT RI. Jadi tata upacara militer, terus disambung dengan pembahasan penurunan bendera, yang selesai itu maraton sampai jam 9 malam," kata Heru ditemui di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu, 22 Juni.

Heru lantas menegaskan dirinya telah berpartisipasi dalam kegiatan pameran tahunan tersebut saat peresmian pembukaan yang juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo pada 12 Juni lalu.

"Toh, saya sudah hadur kan pembukaan," ujar Heru.

Anies Baswedan di PRJ Kemayoran

Kemarin, Anies Baswedan menghadiri perayaan HUT ke-497 Kota Jakarta yang digelar di Jakarta Fair sebagai tamu undangan. Sementara, Heru tak hadir dan diwakilkan oleh Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma.

Di atas panggung, Dhany membacakan sambutan yang seharusnya diucapkan Heru jika hadir. Lewat Dhany, Heru meminta maaf dirinya tidak hadir dalam perayaan HUT Jakarta di Jakarta Fair.

"Saya ingin menyampaikan permohonan maaf sekaligus juga salam hormat dari bapak Penjabat Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Bapak Heru Budi Hartono yang seyogyanya beliau hadir bersama kita karena banyak aktivitas sehingga," kata Dhany Sukma di atas panggung Jakarta Fair, Jumat, 21 Juni.

Sontak, sejumlah masyarakat yang berada di barisan penonton depan panggung menyoraki ketidakhadiran Kepala Sekretariat Presiden tersebut.

Melanjutkan sambutannya, Dhany menyebut Pemprov DKI mengapresiasi perayaan Jakarta Fair yang dianggap sebagai momentum istimewa bagi masyarakat Jakarta.

"Rangkaian HUT yang ke-497 Kota Jakarta, Jakarta kota global berjuta pesona, kita ingin menunjukkan bahwa Jakarta adalah kota yang terus berkembang beradaptasi dan maju dalam berbagai aspek kehidupan," urai Dhany.

Selanjutnya, Anies dipersilakan untuk memberi aba-aba peluncuran kembang api sebagai tanda perayaan HUT Jakarta. Selama kembang api meluncur di udara, Anies menyalakan kamera ponselnya untuk berswafoto dengan masyarakat dari atas panggung.