Efek Samping Minum Rebusan Daun Ciplukan, Waspada Bisa Beracun Jika Sembarangan Mengonsumsi

YOGYAKARTA - Buah ciplukan memang sudah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini kerap dikonsumsi untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Namun dibalik segudang khasiatnya, perlu diwaspadai bahwa buah ini juga bisa berancun apabila salah mengkonsumsinya.

Nama buah ciplukan mungkin masih asing bagi sebagian orang. Keberadaan buah ini memang tidak sebanyak dan nggak mudah ditemukan seperti buah-buahan lainnya. Menariknya lagi, buah ini dijual dengan harga yang terbilang mahal karena menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan. 

Buah ciplukan biasanya tumbuh liar di pekarangan rumah atau sekitar kebun. Buah dari tanaman liar ini berwarna kuning ketika sudah matang dan memiliki rasa manis. Anda bisa memakan buah ini secara langsung begitu dipetik atau tanpa mengolahnya terlebih dahulu. 

Meski bisa dijadikan sebagai obat herbal, buah ini juga memiliki efek samping jika dikonsumsi secara sembarangan. Bagi Anda yang ingin mengonsumsi buah unik ini, sebaiknya ketahui bahaya buah ciplukan agar tidak salah mengonsumsi.

Bahaya Mengonsumsi Buah Ciplukan 

Ciplukan disebut sebagai salah satu buah yang istimewa karena berasal dari tanaman liar, namun memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Tanaman dari buah ini tergolong sebagai tumbuhan liar dari keluarga tanaman nightshade. Buah yang tumbuh di tempat tropis ini juga dikenal dengan nama golden berry, groundcherry, morel berry, dan lainnya. 

Meski menjadi incaran banyak orang karena khasiatnya, ternyata buah ciplukan menyimpan racun di balik rasanya yang manis. Sebenarnya efek samping dari racun buah ini hanya dirasakan apabila memakannya secara sembarangan. Jika mengonsumsi dengan cara yang tepat, buah ini terbilang aman. 

Buah ciplukan sebaiknya tidak dikonsumsi sembarangan karena mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh. Menurut Healthline, buah ciplukan mengandung solanine, racun alami yang ditemukan dalam sayuran jenis nightshade.

Solanine dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti kram dan diare. Dalam kasus yang sangat parah, dampaknya bisa berakibat fatal. Konsumsi buah ciplukan dalam jumlah besar juga dapat berbahaya bagi kesehatan. Dalam sebuah penelitian, tikus jantan yang diberi jus buah ciplukan dengan dosis 2.227 mg setiap hari mengalami kerusakan jantung, meskipun hal ini tidak terjadi pada tikus betina.

Cara Aman Mengonsumsi Buah Ciplukan

Buah ciplukan mengandung racun berbahaya karena tumbuh liar di perkebunan dan sekitar tanaman liar. Buah ini tidak boleh dimakan mentah atau ketika masih berwarna hijau karena mengandung racun.

Ciplukan mungkin masih beracun jika belum matang sepenuhnya. Untuk keamanan, konsumsilah buah ciplukan yang sudah matang atau berwarna kuning emas. Selain buahnya, daun ciplukan juga bisa diolah untuk dikonsumsi, misalnya dengan merebusnya dan meminum air rebusannya.

Berikut ini beberapa tips aman mengonsumsi buah ciplukan yang bisa Anda terapkan:

  • Memakan buah ciplukan ketika sudah matang, yakni saat sudah berwarna kuning emas. 
  • Mencuci buah ciplukan hingga bersih terlebih dahulu
  • Mencampurkan buah ciplukan yang sudah matang ke dalam salad atau diblender bersama buah-buahan lainnya dibuat smoothies. 

Efek Samping Minum Daun Rebusan Ciplukan

Banyak yang bertanya-tanya mengenai apakah ada efek samping dari minum rebusan daun ciplukan? Sampai saat ini masih belum ada penelitian yang menyebutkan kalau minum air rebusan daun ciplukan bisa menimbulkan dampak bahaya bagi kesehatan. 

Jadi mengonsumsi rebusan daun ciplukan masih terbilang aman. Namun pastikan daun yang direbus dalam kondisi yang bersih atau dicuci terlebih dahulu. Selain itu, sebaiknya batasi agar tidak mengonsumsi rebusan daun ciplukan secara berlebihan untuk menghindari efek samping yang mungkin bisa terjadi. 

Demikianlah ulasan mengenai apakah ada efek samping minum rebusan daun ciplukan. Air rebusan daun ciplukan terbilang aman untuk dikonsumsi asalkan dipastikan dalam kondisi bersih dan tidak dalam porsi yang berlebihan. Baca juga tanaman liar yang bisa dikonsumsi

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.