Triumph Resmi Perkenalkan Bonneville T120 Edisi Terbatas Elvis Presley

JAKARTA - Triumph resmi meluncurkan T120 Bonneville Elvis Edition 2024 yang diproduksi dalam jumlah terbatas, hanya 925 unit.

Menurut rilis perusahaan, 19 Juni, T120 yang khas ini mengambil inspirasi gaya dari penampilan 'Comeback Special' 1968 milik Elvis yang paling ikonis. 

Hal-hal menarik tentang Elvis dapat ditemukan pada motor ini, termasuk emblem 'Taking Care of Business in a Flash' yang tersembunyi yang identik dengan Presley saat ia kembali ke dunia konser di akhir 1960-an.

Detail lainya terdapat nama Elvis dengan huruf emas beserta ciri khasnya yang mencolok di tangki dan panel samping, yang juga menandakan bahwa motor ini merupakan edisi terbatas.

Motor satu ini juga dilengkapi dengan garis tangki Bonneville dalam warna Aluminium Perak dengan sepatbor bergaris, dengan aksen garis emas yang dilukis dengan tangan.

Menariknya, pada bagian penjepit stang terdapat nomor khusus dengan ukiran laser tanda tangan Elvis Presley dipasang, membuat tampilan motor satu ini terlihat lebih eksklusif.

Sementara, skema warna Carnival Red terinspirasi oleh Bonneville custom J Daar yang dibuat untuk mengumpulkan dana bagi Elvis Presley Charitable Foundation pada tahun 2023. 

"Sungguh luar biasa melihat reaksi pelanggan terhadap Bonneville custom yang mengumpulkan begitu banyak uang untuk amal awal tahun ini, dan pencarian kami untuk Memphis Mafia Bonnevilles, telah menggali sekilas indah ke masa lalu," kata Chief Commercial Officer Triumph Paul Stroud.

"Kami yakin pelanggan kami yang penuh semangat akan senang dengan kesempatan untuk memiliki penghormatan luar biasa ini kepada artis solo terlaris dalam sejarah, saat motor ini tiba di dealer pada bulan Juli," tambahnya.

Soal jantung pacunya, Bonneville T120 ditenagai oleh mesin paralel-twin berpendingin cairan yang memenuhi standar Euro 5, berkapasitas 1.200 cc dan menghasilkan tenaga 80 PS pada 6.550 rpm dengan torsi 105 Nm pada 3.500 rpm. Tenaganya disalurkan melalui girboks enam percepatan dengan penggerak akhir rantai.

Lebih detailnya, soal keamanan sudah dilengkapi dengan rem cakram ganda dari brembo pada bagian depan, dan belakang mendapat kaliper Nissin dan cakram tunggal 265 mm, dengan ABS dua saluran sebagai standar. Garpu teleskopik yang tidak dapat disetel menahan bagian depan sementara peredam kejut kembar yang dapat disetel preload menopang bagian belakang.

Motor satu ini memiliki ketinggian jok 790 mm, dengan bobot diklaim 236 kg, sedangkan tangki bahan bakarnya berkapasitas 14,5 liter. 

Sementara soal harganya belum diumumkan namun sebagai perbandingan motor hasil kolaborasi Triumph dan Gibson yang sebelumnya dibuat khusus untuk lelang amal terjual seharga 12. 000 dolar AS (sekitar Rp195 juta).