Satpol PP Jakpus Lakukan Patroli Malam Takbiran di Sepanjang Kawasan Patung Kuda Hingga Bundaran Senayan

 

JAKARTA - Sebanyak 250 personel Satpol PP Pemkot Jakarta Pusat dikerahkan dalam pengamanan malam takbiran Idul Adha 1445 Hijriah.

"Di kawasan Patung Kuda sampai Bundaran Senayan sana kita bergerak malam ini ada sekitar 250 personel saat malam takbiran," kata Kepala Satpol PP Jakarta Pusat, TP Purba kepada wartawan, Minggu, 16 Juni, malam.

Sebanyak 250 personel tersebut tersebar di delapan kecamatan, di mana setiap kecamatannya memiliki titik-titik lokasi yang berbeda untuk dijaga.

Untuk di sepanjang Kawasan Thamrin-Sudirman, pihaknya mengerahkan sebanyak 100 personel untuk berjaga hingga pukul 22.00 WIB.

Penjagaan ini difokuskan untuk mencegah adanya tindakan pelanggaran ketentraman dan ketertiban umum (trantibum) seperti sebagaimana instruksi dari tingkat Provinsi DKI Jakarta. Pengamanan juga dibantu dari personel TNI, Polri, dan personel gabungan lainnya.

"Kita menjaga bergantian dengan kekurangan personel yang terbatas, tapi kita optimalkan supaya kita menjaga sampai malam, sebab kalo dilepas pasti akan banyak gangguan trantibum itu. Apalagi menjelang malam takbir ini kita sama-sama dengan Polri di lapangan menjaga," katanya.

Pengamanan yang dilakukan Satpol PP menyasar kepada para PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) di jalan protokol.

"Tidak ada penumpukan pedagang kopi keliling yang biasanya di Bundaran HI. Nah kita menjaga supaya itu bersinergi dengan Polri bahwa kita menjaga di sepanjang Thamrin-Sudirman itu supaya bersih dan aman dari gangguan trantibum, itu tugas pokok fungsi kita," ujarnya.

Selain itu, Kasatpol PP juga akan menjaga kawasan Masjid Istiqlal saat pelaksanaan Sholat Idul Adha 1445 Hijriah pada Senin, 17 Juni, besok. Personel tersebut berjumlah 100 orang yang akan siap siaga mulai pukul 04.00 WIB besok.