Anti-Aging untuk Usia Berapa? Cek Jawabannya di Sini

YOGYAKARTA – Salah satu pertanyaan yang sering muncul terkait penggunaan produk anti-aging adalah anti-aging untuk usia berapa?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, perlu diketahui bahwa produk anti-aging merupakan produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk mengatasi penuaan dini.

Beberapa tanda penuaan dini yang muncul di kulit wajah seperti kerutan, garis halus, kulit menjadi kendur, dan flek hitam pada beberapa area leher dapat diatasi dengan anti-aging. Selain itu, produk ini juga ditargetkan untuk merawat kulit yang lebih kering.

Lantas, di usia berapa seseorang perlu menggunakan produk anti-aging? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Anti-Aging untuk Usia berapa?

Disadur dari laman huffpost, Y. Claire Chang, dokter kulit dan ahli kosmetik mengatakan, seseorang bisa menggunakan produk anti-aging setelah menginjak usia 20-an. Namun, tentunya pada usia tersebut tergantung pada kondisi kulit seseorang.

Lebih lanjut, usia yang paling tepat untuk mulai menggunakan produk anti-aging adalah 30 tahunan. Pasalnya, pada usia ini kulit perlahan-lahan mulai kehilangan kolagen dan muncul tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus, kerutan, dan flek hitam di wajah.

Sementara pakar kecantikan Renne Rouleu mengatakan 21 tahun merupakan usia yang tepat untuk menggunakan produk anti-aging. Oleh sebab itu, seseorang yang sudah masuk dalam kelompok umur ini disarankan untuk menggunakan produk anti-aging untuk mencegah penuaan dini.

American of Dermatologis (AAD) sendiri merekomendasikan semua orang dewasa sebaiknya menggunakan produk anti-aging seperti pelembab dan sunscreen setiap harinya. Sebab, kedua produk ini dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik, halus, dan kenyal.

Lebih lanjut, AAD juga merekomendasikan kepada seseorang yang berusia 40 dan 50 ke atas agar menggunakan produk anti-aging secara rutin agar dapat mengurangi kerutan dan garis halus.

Apa Saja Bahan-Bahan Penting dalam Produk Anti-Aging?

Berikut ini adalah bahan-bahan penting dalam produk anti-aging yang perlu Anda ketahui:

  • Asam Alfa-Lipoat: bahan ini dapat mencegah tanda-tanda penuaan dan memberikan efek sejuk pada kulit.
  • Ceramide: bahan ini berfungsi melembapkan dan mencegah kulit kering. Sebenarnya, di dalam kulit terdapat ceramide alami yang menjaga kulit tetap terhidrasi. Akan tetapi, ceramid bisa mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Oleh sebab itu, Anda perlu menggunakan produk anti-aging yang mengandung ceramide.
  • Koenzim Q10: produk kecantikan yang mengandung koenzim Q10 dapat menangkal radikal bebas dan meningkatkan kolagen.
  • Asam hyaluronat: bahan ini berfungsi sebagai pelembab dan merupakan faktor yang dapat menjaga agar kulit tetap lentur dan terhidrasi.
  • Vitamin C: bahan ini dapat menjadi antioksidan, sehingga mampu melindungi kulit dari polusi lingkungan, termasuk sinar UV. Selain itu, vitamin c dapat meningkatkan kolagen kulit yang membuat kulit terlihat lebih bersinar.

Demikian informasi tentang anti-aging untuk umur berapa. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.