Honda Mulai Jual Van Listrik Kei Car Mulai Oktober di Jepang, Intip Lagi Spesifikasinya

JAKARTA - Honda bakal memperluas kendaraan elektrifikasinya ke beberapa pasar, termasuk kandang sendiri, Jepang. Dikabarkan bahwa pabrikan ini akan meluncurkan van listrik berukuran kecil dan mulai mengirimkannya pada Oktober.

Melansir dari Reuters, Jumat, 14 Juni, van listrik bernama N-Van e: kecil ini akan memiliki daya jelajah hingga 245 km. Model ini akan digolongkan ke dalam ‘kei car’ yang merupakan salah satu segmen yang paling laku dengan pajak rendah di negeri matahari terbit.

Rencana tersebut akan diikuti dengan pabrikan yang berencana untuk mulai menjual mobil penumpang bergaya kei car terbaru di masa depan. Honda telah lama bermain dalam segmen kei car.

Ini dibuktikan dengan Honda yang menjual model N-Box dan telah lama menduduki peringkat teratas kendaraan penumpang kei car di Jepang.

Kendaraan berukuran kecil kei car sangat populer di kalangan bisnis dan rumah tangga untuk mengirimkan hasil pertanian, parsel, dan barang lainnya di daerah perkotaan dan pedesaan di Jepang, sebagian karena harganya yang relatif murah.

Seperti yang pernah diberitakan VOI sebelumnya, Honda telah memperkenalkan N-Van e: yang memiliki ukuran mungil. Meskipun memiliki ukuran kecil, model tersebut memiliki Kapasitas muatan maksimum untuk versi kargo mencapai 350 kg, sedangkan versi empat tempat duduk dapat membawa hingga 300 kg dengan dua penumpang duduk.

Selain itu, mobil ini memiliki kapasitas baterai yang mampu membuatnya melaju hingga lebih dari 200 km. Baterai pada mobil ini memiliki kemampuan mengisi daya dalam waktu sekitar lima jam dengan menggunakan stop kontak AC 6 kW. Sedangkan untuk pengisi daya cepat DC, mobil ini kompatibel mengisi ulang baterai dari 10 persen hingga 80 persen dalam 30 menit.

Sama seperti kendaraan listrik lainnya, Honda N-Van e: memiliki kemampuan Vehicle-to-Load (V2L), yaitu yang memungkinkan kendaraan berfungsi sebagai sumber daya listrik untuk perangkat elektronik atau mobil listrik lainnya dengan daya 1,5 kW.