12 Rekomendasi Aplikasi Kasir dan Aplikasi POS Terbaik untuk Jalankan Bisnis

JAKARTA - Perkembangan teknologi informatika yang tumbuh pesat telah membantu aktivitas manusia. Salah satunya di dalam memanajemen sebuah bisnis. Dengan kecanggihan teknologi maka mengelola bisnis menjadi lebih efektif dan efisien.

Jika jaman dahulu sebuah perusahaan membutuhkan banyak tenaga kerja untuk mengisi bagian, keuangan, kasir, manajemen, gudang dll. Maka dengan munculnya aplikasi POS maka perusahaan tidak memerlukan banyak tenaga kerja.

Dengan menggunakan aplikasi kasir maka perusahaan yang kamu kelola menjadi lebih efektif dan efisien. Kecepatan pekerjaan yang dapat dilakukan secara otomatis, maka tidak memerlukan banyak orang untuk mengisi posisi-posisi tersebut.

Namun, sekarang ini banyak pengembang yang meluncurkan aplikasi kasir dengan berbagai inovasi dan fiturnya. Hal ini tentunya membuat kamu bingung dalam memilih aplikasi yang terbaik untuk menjalankan bisnis kamu.

Dikumpulkan dari berbagai sumber, maka terdapat beberapa aplikasi yang bisa kamu jadikan referensi untuk menjalankan bisnisnya dengan efisien dan efektif? Berikut ini 12 aplikasi kasir terbaik di Indonesia, di antaranya adalah:

1. majoo

Aplikasi kasir yang dikeluarkan majoo Indonesia mampu memberikan pilihan bagi pelaku usaha untuk membantu operasional bisnisnya. Karena dengan menggunakan aplikasi kasir tersebut, maka kamu akan mendapatkan fitur yang lengkap dengan harga yang terjangkau dan cocok untuk segala jenis usaha.

majoo adalah aplikasi kasir asal Indonesia yang lengkap untuk membantu bisnis berkembang. Aplikasi kasir ini menawarkan banyak keuntungan bagi penggunanya. Aplikasi ini hanya tersedia di Android, sehingga memberikan kemudahan bagi penggunanya.

majoo menjadi salah satu rekomendasi aplikasi kasir terbaik untuk bisnis kamu. Apalagi dalam aplikasi tersebut telah lengkap dengan aplikasi laporan keuangan, stok gudang, kasir, hingga manajemen karyawan. Sehingga dengan menggunakan aplikasi kasir tersebut maka pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Aplikasi kasir majoo dibagi menjadi tiga paket seperti Paket Stater, Paket Advance, dan Paket Enterprise. Sementara setiap paket memiliki harga yang berbeda dan tentunya fitur yang berbeda juga, berikut beberapa paket yang ditawarkan:

a. Paket Stater

Paket ini dijual reguler dengan harga Rp129.000 per bulan, yang akan dicicil sekaligus dalam satu tahun. Sedangkan jika ingin membayar bulanan, harganya hanya Rp149.000. Karena paket ini adalah paket termurah, maka kamu juga akan mendapatkan fungsionalitas dasar dan alat pembayaran.

Kamu akan mendapatkan aplikasi pembayaran online (POS), pembayaran termasuk QRIS wallet, EDC Card, Paylater, laporan penjualan lengkap. Tidak hanya itu, paket tersebut juga menawarkan fitur untuk manajemen inventaris, manajemen penjualan dan promosi (CRM), manajemen karyawan, pemasaran, dan akuntansi.

b. Paket Advance

Paket advance merupakan paket yang banyak digunakan aplikasi kasir oleh para pelaku bisnis. Paket aplikasi kasir ini cocok untuk UMKM yang sedang berkembang. Paket ini dijual dengan harga Rp249 ribu per bulan, yang harus dibayar sekaligus dalam satu tahun.

Namun, jika kamu tidak ingin membayarnya secara tahunan, maka kamu bisa membayar Rp299.000 per bulan agar tidak membebani bisnis. Dalam paket ini kamu mendapatkan situs web, webtree, dengan domain premium. Bahkan terhubung ke pasar besar seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dll.

Kamu juga akan mendapatkan Kasir Online (PoS) + Set meja, multi-unit, Alat pemesanan: Menu Web, fungsionalitas GrabFood. Untuk pembayaran Anda juga dapat menggunakan metode pembayaran yang berbeda seperti QRIS Ewallet, Kartu EDC, Paylater. Paket ini menyediakan laporan media dan analisis bisnis yang komprehensif.

c. Paket Enterprise

Paket enterprise adalah paket termahal, kamu akan mendapatkan berbagai fitur lengkap. Untuk berlangganan kamu harus mengeluarkan Rp499.000 per bulan, yang akan dibayarkan selama satu tahun sekaligus.

Fitur yang diperoleh sama dengan paket advanced, kelebihannya terintegrasi dengan ecommerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dll. Kamu akan mendapatkan meja kas online (PoS) + meja permainan, banyak unit, pemesanan cepat: Menu Web, GrabFood dan metode pembayaran dengan berbagai metode seperti: QRIS Ewallet, Kartu EDC, Paylater.

2. MASsoftware

Aplikasi terbaik selanjutnya ada aplikasi Massoftware. Aplikasi ini merupakan salah satu yang terbaik, karena dapat membuat catatan transaksi secara otomatis dan terintegrasi dengan software keuangan. Dengan menggunakan aplikasi ini maka para karyawan pada bagian kasir tidak akan direpotkan sehingga menimbulkan antrian panjang.

3. Pawoon

Pawoon merupakan salah satu aplikasi kasir terbaik yang banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi ini berbasis Android dan iOS, memiliki tampilan yang sederhana tetapi memiliki fitur yang modern dan bisa menerima pembayaran online.

Karena memiliki tampilan yang sederhana, maka siapa pun bisa saat menggunakan aplikasi ini. Sehingga tidak memerlukan orang khusus untuk mengoperasikan software ini.

4. Olsera

Aplikasi kasir selanjutnya yang bisa dijadikan rekomendasi bisnis kamu adalah Olsera. Olsera adalah aplikasi kasir Android yang menawarkan fitur yang sangat lengkap untuk kamu gunakan dalam mengelola bisnis. Selain itu, aplikasi ini juga terintegrasi secara online dengan Mekari Jurnal.

5. Kasir Pintar

Jika kamu belum cocok dengan aplikasi diatas, maka ada juga aplikasi kasir Pintar. Aplikasi kasir berbasis Android dan iOS yang menawarkan berbagai fitur untuk toko, yakni meliputi harga barang, pencatatan stok barang, dan scan barcode produk.

Aplikasi kasir online ini juga menawarkan fitur backup otomatis, jadi kamu tidak usah khawatir sewaktu-waktu akan kehilangan data. Selain itu, aplikasi kasir ini juga memiliki fitur manajemen stok yang berisi pengaturan untuk stok barang masuk dan keluar.

6. Post App

Aplikasi kasir POST, hadir untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengusaha di dalam mengelola bisnis yang pasti lebih mudah. Mulai dari mempercepat proses pemesanan, terima pembayaran, laporan keuangan, dan masih banyak fitur berguna lainnya.

7. Qasir

Aplikasi kasir selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengelola usaha kamu adalah Qasir. Aplikasi POS (point of sale) ini dikembangkan untuk membantu usaha menengah dan usaha kecil sehingga mereka tidak kesulitan dalam mengelola manajemen bisnis.

Tampilan yang sederhana dan mudah digunakan, membuat aplikasi ini bisa digunakan siapa saja dalam mencatat penjualan, mengelola produk, mengawasi stok barang, dan memantau laporan transaksi.

8. Square

Pilihan selanjutnya kamu bisa menggunakan aplikasi kasir Square adalah aplikasi ini memiliki versi gratis tetapi tentunya tidak selengkap dengan versi berbayar. Aplikasi ini juga dikembangkan dengan tampilan yang sederhana sehingga mudah digunakan.

Dengan software aplikasi kasir ini, perusahaan dapat melakukan pembayaran melalui perangkat Android atau iOS di mana pun secara online.

9. Loyverse

Aplikasi Loyverse adalah aplikasi Point of Sale (POS) yang telah digunakan oleh lebih dari 1 juta pemilik bisnis di seluruh dunia. Bahkan, aplikasi ini telah digunakan di lebih dari 180 negara dan tersedia dalam 30 bahasa.

Termasuk bahasa Indonesia, sehingga banyak juga perusahaan di Indonesia yang memanfaatkan aplikasi ini untuk mengelola bisnis. Dari data yang ada aplikasi Loyverse telah digunakan oleh sekitar 100 pelaku industri. Ditambah dengan berbagai fitur pendukung yang bisa memudahkan pekerjaan.

10. iSeller POS

Jika kamu merasa belum cocok, maka ada juga aplikasi kasir Iseller yang bisa menjadi pilihan kamu. Iseller merupakan aplikasi kasir yang memiliki fitur–fitur operasional kasir yang bagus dan memenuhi standarisasi berdasarkan kebutuhan masing-masing customer.

Iseller bisa untuk semua jenis usaha, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk usaha ritel, usaha restoran,cafe, dll. Karena aplikasi memiliki banyak kelebihan dan kelengkapan fitur. Sehingga aplikasi POS ini sangat dianjurkan.

11. Pasarind POS

Pasarind POS adalah aplikasi kasir digital yang digunakan para pelaku bisnis untuk membantu mengelola bisnis dan menerima pembayaran online secara praktis. Dengan menggunakan aplikasi ini maka urusan multipayment sudah tidak menjadi masalah.

Berbeda dengan kasir digital lainnya, aplikasi ini memiliki keunggulan yaitu ekosistem pembayaran dengan E-Wallet Pasarind, sehingga sangat memudahkan dalam hal pembayaran.

12. Opaperapp

Opaperapp merupakan aplikasi kasir dan POS yang memiliki kelengkapan fitur, sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki bisnis restoran dan café. Aplikasi ini tanpa biaya bulanan.

Memiliki fitur QR Menu, Pesan dan Bayar, lengkap dengan aplikasi kasir (POS) dan sistem inventory, delivery, sistem kasir otomatis, tersedia untuk OS Android dan Apple, semua tanpa biaya bulanan.

Itulah beberapa aplikasi kasir terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan untuk mengelola perusahaan secara efektif dan efisien.