Nvidia Capai Rekor Tertinggi, Lampaui Apple dalam Kapitalisasi Pasar

JAKARTA - Nvidia mencapai rekor tertinggi pada  Rabu, 5 Juni, di mana valuasi pembuat chip kecerdasan buatan tersebut melampaui  3 triliun dolar AS (Rp48,7 kudraliun) dan mengalahkan Apple untuk menjadi perusahaan paling berharga kedua di dunia. Nvidia sedang bersiap untuk melakukan pemecahan saham sepuluh-untuk-satu yang efektif pada 7 Juni, sebuah langkah yang dapat meningkatkan daya tariknya bagi investor individu.

Lonjakan nilai pasar Nvidia yang melampaui Apple menandai perubahan di Silicon Valley, yang telah didominasi oleh perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs sejak meluncurkan iPhone pada tahun 2007. Saham Nvidia naik 5,2% dan ditutup pada  1.224,40 dolar AS (Rp19,8 juta), yang memberikan nilai perusahaan sebesar  3,012 triliun dolar AS. Kapitalisasi pasar Apple terakhir tercatat sebesar  3,003 triliun dolar AS setelah sahamnya naik 0,8%. Microsoft, yang berbasis di Redmond, Washington, tetap menjadi perusahaan paling berharga di dunia dengan nilai  3,15 triliun dolar AS setelah sahamnya naik 1,9%.

"Nvidia saat ini menghasilkan uang dari AI, sementara perusahaan seperti Apple dan Meta justru mengeluarkan uang untuk AI," kata Jake Dollarhide, CEO Longbow Asset Management. "Mungkin sudah menjadi kesimpulan bahwa Nvidia juga akan mengalahkan Microsoft. Ada banyak uang ritel yang mengalir pada apa yang mereka lihat sebagai lonjakan langsung."

Saham Nvidia telah melonjak 147% sepanjang tahun 2024, dengan permintaan untuk prosesor unggulannya jauh melampaui pasokan saat Microsoft, Meta Platforms, dan Alphabet berlomba membangun kemampuan komputasi AI mereka dan mendominasi teknologi yang sedang berkembang ini.

Nvidia telah naik hampir 30% hanya sejak 22 Mei, ketika Nvidia mengeluarkan perkiraan pendapatan terbaru yang luar biasa. Nvidia menambahkan hampir  150 miliar dolar AS dalam kapitalisasi pasar pada  Rabu, lebih dari seluruh nilai AT&T.

Optimisme tentang AI juga mengangkat saham chip secara luas pada  Rabu, dengan indeks chip PHLX  melonjak 4,5%. Super Micro Computer, yang menjual server yang dioptimalkan untuk AI yang dibangun dengan chip Nvidia, naik 4%.

CEO Nvidia, Jensen Huang, minggu ini menjadi subjek liputan besar-besaran di televisi Taiwan dan diserbu oleh peserta saat ia mengunjungi pameran teknologi Computex di Taipei, tempat ia lahir sebelum pindah ke Amerika Serikat.

Sementara Nvidia menikmati gelombang antusiasme AI di Wall Street, Apple menghadapi permintaan yang lemah untuk iPhone dan persaingan ketat di China, pasar smartphone terbesar di dunia. Beberapa investor juga melihat Apple tertinggal dari raksasa teknologi lainnya dalam perlombaan membangun fitur AI ke dalam produk dan layanan mereka.

Proyeksi analis untuk pendapatan masa depan Nvidia telah melampaui kenaikan sahamnya yang luar biasa. Nvidia diperdagangkan pada 39 kali pendapatan yang diharapkan, menjadikannya lebih murah dalam basis tersebut dibandingkan tahun lalu, ketika diperdagangkan pada lebih dari 70 kali pendapatan yang diharapkan, menurut data LSEG.