7 Manfaat Kandungan Peptida pada Skincare, Wajib Pakai Jika Ingin Awet Muda

JAKARTA - Meskipun tidak sepopuler retinol atau asam hialuronat, peptida memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Peptida merupakan rantai pendek dari asam amino, yang merupakan blok pembangun protein.

Saat diaplikasikan pada kulit, peptide berfungsi sebagai sinyal molekul yang memberitahu sel-sel kulit untuk menghasilkan lebih banyak kolagen dan elastin, dua protein utama yang menjaga kulit tetap kenyal, elastis, dan muda. 

Kolagen adalah protein yang memberikan struktur pada kulit, sedangkan elastin memungkinkan kulit untuk kembali ke bentuk semula setelah meregang atau berkontraksi. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut beberapa manfaat kandungan peptide pada skincare yang wajib Anda ketahui.

Meningkatkan skin barrier

Skin barrier atau penghalang kulit merupakan garis pertahanan tubuh terhadap bakteri, sinar ultraviolet, polusi, dan racun lainnya. Skin barrier bisa rusak akibat eksfoliasi berlebih, paparan asap rokok, dan polusi lainnya bahkan kurang tidur. Peptida, membantu membangun barrier yang lebih kuat.

Mengurangi kerutan

Kolagen dapat membuat kulit dan bibir jadi lebih montok dan kencang. Ketika kulit lebih kencang dan montok, kerutan dan garis halus akan berkurang. Kandungan peptida dapat mengurangi kerutan di kulit dan membuat tampilan wajah lebih awet muda.

Kulit lebih elastis

Selain kolagen, peptida juga menyusun serat elastin, yang juga merupakan sejenis protein. Serat ini membuat kulit tampak lebih kencang. Anda bisa gunakan skincare dengan kandungan peptida untuk kulit lebih elastis.

Meredakan peradangan

Peptida dapat membantu meredakan peradangan, memperbaiki kulit yang rusak, dan meratakan warna kulit. Peptida memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan, iritasi, dan peradangan pada kulit. Ini sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki kulit sensitif atau kondisi kulit seperti rosacea.

Membantu menghilangkan jerawat

Selain manfaat-manfaat di atas, beberapa peptida juga bersifat antimikroba. Yang artinya bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Jika ingin mencegah jerawat Anda bisa memilih skincare dengan kandungan peptida sebagai bahan utama.

Menghidrasi Kulit

Beberapa peptida memiliki kemampuan untuk meningkatkan kelembapan kulit dengan menarik dan mempertahankan air di dalam kulit. Ini membantu kulit terlihat lebih lembut, kenyal, dan terhidrasi.

Mengatasi Hiperpigmentasi

Peptida juga dapat membantu mengurangi munculnya bintik hitam dan hiperpigmentasi dengan menghambat produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit.