Climeworks Kembangkan Teknologi Penyaring Karbon Generasi Ketiga yang Lebih Murah

JAKARTA – Climeworks, perusahaan penyaring karbon dioksida, akan membuat pabrik penyaring karbon generasi berikutnya. Pabrik ini akan menggunakan Teknologi Penangkapan Udara Langsung (DAC) Generasi 3.

Dipamerkan di Konferensi Penghapusan Karbon tahunan yang digelar di Zurich, Climeworks ingin menunjukkan bahwa Teknologi Generasi 3 ini penting dalam melawan perubahan iklim. Teknologi ini bisa menangkap lebih banyak karbon dengan biaya yang lebih sedikit.

Pihak perusahaan menjelaskan bahwa Teknologi Generasi 3 memiliki kapasitas penangkapan karbon dioksida yang lebih besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya, mengurangi separuh dari konsumsi energi, dan memangkas biaya hingga 50 persen.

"(struktur baru ini) menangkap karbon dioksida dua kali lebih banyak dibandingkan filter sebelumnya. Bahan filter baru mengkonsumsi setengah energi dan dirancang untuk bertahan tiga kali lebih lama dibandingkan bahan sebelumnya," jelas Climeworks.

Teknologi Generasi 3 mulai diuji dalam skala kecil dan menengah di Zurich dan akan disempurnakan sebelum diuji di fasilitas dalam skala besar. Pengujian teknologi ini dilakukan oleh tim Penelitian dan Pengembangan yang terdiri dari 180 orang.

"Para spesialis ini mengumpulkan 15.000 jam pengujian bahan penyerap baru dan menjalankan siklus penangkapan dan pelepasan 5.000 karbon," jelas Climeworks. "(kami) mengubah konsep kolektornya dari wadah kolektor bertumpuk tradisional menjadi kubus modular yang ramping."

Jika sudah selesai diuji di fasilitas skala besar, teknologi ini akan ditambahkan ke pabrik pertama di Louisiana. Sebagai bagian dari Project Cypress DAC Hub, pabrik ini akan dibangun pada tahun 2026 menggunakan dana dari Departemen Energi AS.