Perbedaan Rambut Ikal dan Keriting, Kenali Karakternya untuk Memilih Produk Haircare yang Tepat

YOGYAKARTA - Rambut ikal kerap disamakan dengan rambut keriting. Meski sama-sama struktur rambutnya bergelombang atau tidak lurus, namun keduanya memiliki perbedaan. Mengenali kedua jenis rambut ini sangat penting untuk menentukan produk perawatan rambut yang tepat. 

Rambut ikal dan keriting memiliki cukup unik karena membutuhkan perawatan khusus yang berbeda dari rambut lurus biasanya. Agar kesehatan dan tampilan rambut terjaga baik, pemilik rambut keriting dan ikal memang perlu melakukan perawatan lebih intens. 

Tidak sedikit orang yang masih kesulitan membedakan rambut keriting dan ikal. Secara sekilas, orang yang memilii dua jenis rambut ini memang terlihat sama tanpa perbedaan atau bak pinang dibelah dua. Perbedaan rambut ikal dan keriting bisa dilihat dari beberapa segi. 

Perbedaan Rambut Ikal dan Keriting

Sangat penting untuk mengenali karakter rambut keriting maupun ikal agar bisa memilih produk perawatan rambut yang tepat. Berikut ini perbedaan rambut ikal dan keriting yang harus Anda ketahui:

Bentuk

Perbedaan pertama antara rambut ikal dan keriting terletak pada bentuknya. Rambut ikal memiliki struktur spiral atau lingkaran yang lebih lebar dan longgar dibandingkan rambut keriting. Bentuk spiral pada rambut ikal terlihat dari pertengahan rambut hingga ujung.

Sebaliknya, rambut keriting memiliki kumparan atau gulungan yang lebih kecil dengan volume lebih besar. Bentuk kumparan pada rambut keriting sudah terlihat mulai dari pangkal rambut hingga ujungnya.

Dilansir dari media seputar kecantikan dan kesehatan, Allure dan Healthline, rambut secara umum terbagi menjadi empat jenis: rambut lurus (straight hair) atau tipe 1, rambut bergelombang (wavy hair) tipe 2, rambut keriting (curly hair) tipe 3, dan rambut afro atau kribo (coily hair) tipe 4.

Khusus untuk rambut bergelombang, keriting, dan afro, masing-masing terbagi lagi menjadi tiga kategori yaitu A, B, dan C. Menurut Tresemme, rambut ikal masuk dalam kategori rambut tipe 2B dan 2C, sedangkan rambut keriting masuk dalam kategori rambut tipe 3A, 3B, dan 3C.

Styling

Rambut ikal lebih mudah ditata dibandingkan dengan rambut keriting. Kamu bisa membiarkannya tergerai atau mengikatnya menjadi ekor kuda. Namun pastikan untuk menggunakan hair cream atau kondisioner tanpa bilas agar rambut ikal tetap lembap dan tertata saat dibiarkan tergerai.

Pemilik rambut keriting seringkali lebih suka menonjolkan struktur rambut mereka yang unik dan sehat. Hindari penggunaan alat panas seperti hair dryer terlalu sering pada rambut keriting karena dapat merusak folikel rambut. Lantaran rambut keriting lebih ringan, Anda bisa memakai penutup kepala seperti topi atau syal saat berada di luar ruangan untuk mencegah rambut kusut akibat angin.

Perawatan

Perawatan untuk rambut ikal dan keriting berbeda. Rambut keriting membutuhkan perawatan ekstra karena bentuk dan volumenya yang lebih intens dibandingkan rambut ikal.

Untuk mencegah kusut dan rontok pada kedua jenis rambut ini, sebaiknya gunakan sisir bergigi jarang. Pemilik rambut ikal harus fokus menjaga kelembapan agar rambut tidak mengembang.

Perawatan deep conditioning dan hidrasi secara teratur sangat membantu menjaga kesehatan dan kelembapan rambut ikal alami. Rambut ikal cenderung mudah mengembang dan terlihat berantakan jika tidak dirawat dengan baik.

Pemilik rambut keriting perlu menjaga kelembapan rambut disertai dengan beberapa perawatan tambahan. Jika Anda memiliki rambut keriting, berhati-hatilah saat menyisir rambut. Hindari menyisir rambut dalam kondisi kering karena bisa menyebabkan rontok dan kusut. 

Sebaiknya gunakan curl cream sebelum menyisir atau sisir rambut dalam kondisi basah. Misalnya, menyisir setelah menggunakan kondisioner tanpa bilas. Hindari menyisir rambut keriting terlalu sering untuk mencegah kerontokan.

Demikianlah perbedaan rambut ikal dan keriting yang penting untuk dipahami. Dengan mengenali karakteristik masing-masing jenis rambut, Anda bisa mengetahui produk perawatan rambut yang tepat. Baca juga cara mengatasi rambut kusut dan kering biar kembali berkilau. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.