Ragam Kesenian Daerah Sulawesi Tenggara dari Alat Musik Sampai Seni Tari

YOGYAKARTA - Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali kepulauan, suku dan juga kebudayaan dan juga kesenian. Ngomong soal seni, kali ini kita bakal membahas terkait kesenian daerah Sulawesi Tenggara, simak sampai selesai, ya!

Pasalnya, di Sulawesi Tenggara memiliki beragam kesenian seperti alat musik, seni tari yang menarik untuk kalian ketahuinya. Oleh sebab itu yuk kita bahas!

Kesenian Daerah Sulawesi Tenggara

Alat Musik Tradisional

Bila sebagian data terpaut seni tari tradisional khas Sulawesi Tenggara telah kalian tahu di atas, hingga kali ini kalian bakal mengenali sebagian perlengkapan musik yang jadi kesenian tradisional Sulawesi Tenggara, seperti berikut ini.

I. Alat Musik Kanda Wuta

Alat musik yang pertama adalah Kanda wuta yang sejatinya jadi salah satu alat musik yang dibuat dari bahan yang unik. Karena, tidak cuma dibuat dari kayu, alat musik ini pula dibuat dari tanah liat, rotan serta pelepah sagu.

Alat musik ini pula cuma dimainkan khusus buat mengiringi tarian daerah Sulawesi Tenggara, ialah Lulo Ngganda sehabis panen.

II. Alat Musik Gambus

Alat musik yang selanjutnya ialah Gambus yang merupakan alat musik yang mempunyai wujud menyamai mandolin ini, ialah tipe perlengkapan musik petik dengan jumlah senar paling sebanyak 3 buah.

Bila melihat sejarah, alat musik ini sejatinya berasal dari wilayah Timur Tengah. Perihal tersebut disebabkan, masuknya gambus ke Indonesia awal mulanya diakibatkan oleh pengaruh dari penyebaran agama Islam di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Sulawesi Tenggara.

III. Alat Musik Dimba Nggowuna

Perlengkapan musik yang jadi kesenian tradisional Sulawesi Tenggara yakni Dimba Nggowuna. Dibuat dari bahan dasar rotan, alat musik ini pada zaman dulu banyak dimainkan oleh para perempuan, saat lagi menenun kain di rumah.

Untuk mereka, memainkan alat musik ini jadi salah satu media hiburan, pada saat bekerja di rumah supaya tidak jenuh.

IV. Alat Musik Ore-ore Nggae

Alat musik yang namanya terdengar asing di kuping ini, tampaknya jadi salah satu kesenian tradisional Sulawesi Tenggara.

Ya, alat musik Ore-ore Nggae, suatu alat musik yang terbuat memakai bahan dasar bambu serta rotan.

V. Alat Musik Baasi

Terakhir terdapat alat musik tradisional Baasi, yang jadi kesenian tradisional Sulawesi Tenggara.

Alat musik yang terdiri dari 10 buah alat musik bambu ini, umumnya dimainkan buat mengiringi lagu-lagu wilayah serta nusantara pada saat pertunjukan.

Seni Tari

Kesenian tradisional Sulawesi Tenggara yang bakal dibahas kesatu yaitu Seni Tari. Pada dasarnya, tari tradisional Sulawesi Tenggara sangat banyak.

Tetapi, kali ini kita bakal membahas 5 tari tradisional yang jadi kesenian tradisional Sulawesi Tenggara paling terkenal, yakni:

I. Tari Tradisional Mowindahako

Di urutan pertama terdapat tari tradisional Mowindahako, yang jadi kesenian tradisional Sulawesi Tenggara. Tari yang satu ini jadi salah satu tarian para bangsawan yang sukses meminang wanita pujaannya.

Perihal itu dilakukan selaku bentuk rasa Senang serta bahagia atas diterimanya suatu pinangan. Buat itu, tarian ini tidak dapat ditarikan oleh sembarang orang. Sebab, tari ini memang cuma diperuntukan buat kalangan bangsawan ataupun anakia saja.

II. Tari Tradisional Mangaru

Selaku salah satu kesenian tradisional Sulawesi Tenggara, tari tradisional Mangaru jadi salah satu ikon kebudayaan Indonesia yang sangat terkenal.

Tari yang berasal dari Desa Konde, Kecamatan Kambowa, Kabupaten Buton Utara ini mempunyai pesan positif berbentuk semangat serta keberanian dalam berperang.

III. Tari Tradisional Umoara

Tari tradisional yang selanjutnya merupakan Umoara. Kesenian tradisional Sulawesi Tenggara ini, sering kali digunakan selaku tarian buat menyambut tamu penting ataupun tamu agung, pada acara pernikahan para bangsawan serta acara pengantaran jenazah bangsawan.

Tidak hanya itu, tari Umoara pula dipertunjukan kala berlangsungnya upacara pelantikan seorang raja.

IV. Tari Tradisional Molulo

Tari tradisional yang jadi kesenian tradisional Sulawesi Tenggara merupakan Molulo. Tari yang sering kali disebut dengan tari Lula ini ialah suatu tarian sakral, yang mempunyai banyak arti serta filosofi.

Tari ini pula jadi salah satu tarian yang digemari oleh suku bangsa Tolaki, sebab mencerminkan suku Tolaki yang cinta damai serta mengutamakan persahabatan dan persatuan.

V. Tari Tradisional Lariangi

Terakhir adalah tari Tradisional Lariangi. Selaku wujud penghormatan serta apresiasi kepada para tamu, tari tradisional Lariangi sering kali ditampilkan selaku tarian pembukaan pada suatu acara pesta pertemuan.

Kesenian tradisional Sulawesi Tenggara yang satu ini, biasanya ditarikan oleh satu orang penari laki-laki serta sebagian orang penari perempuan.

Bicara soal kesenian daerah Sulawesi, kalian juga perlu mengetahui: “5 Kesenian Daerah Sulawesi Tengah, Wujud Kekayaan Nusantara”.

Jadi setelah mengetahui kesenian daerah Sulawesi Tenggara, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!