Menhub Budi Karya Minta Seluruh Pemangku Kepentingan Tingkatkan Kolaborasi Layanan Angkutan Laut dan Logistik

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta seluruh pemangku kepentingan, baik regulator maupun operator, untuk terus meningkatkan kolaborasi layanan angkutan laut bagi masyarakat maupun untuk distribusi logistik.

"Seluruh pemangku kepentingan, regulator maupun operator (kapal laut), untuk terus kolaborasi dalam layanan angkutan laut dan logistik bagi masyarakat," kata Menhub dalam acara Malam Anugerah Prestasi PT Dharma Lautan Utama (PT DLU) Tahun 2024 di Surabaya, Jawa Timur, dikutip dari Antara, Sabtu 18 Mei.

Meski begitu, Menhub mengapresiasi komitmen yang telah diberikan oleh para pemangku kepentingan selama ini dalam meningkatkan kolaborasi layanan tersebut.

Menurut Budi, suksesnya angkutan logistik, Lebaran, dan liburan sekolah pada 2024 juga merupakan hasil dari koordinasi yang solid antarberbagai pihak terkait.

"Karenanya, saya mengapresiasi komitmen yang diberikan dan mendorong seluruh pihak terkait untuk terus meningkatkan kolaborasi layanan angkutan laut dan logistik melalui kerja sama, dedikasi dan profesionalitas," tutur Menhub dalam keterangan di Jakarta.

Menhub menambahkan Kemenhub juga mendukung upaya pengelolaan arus lalu lintas dan distribusi logistik melalui angkutan laut, menjadi lebih efisien dengan berbasis inovasi teknologi.

"Kemenhub senantiasa mendukung upaya-upaya peningkatan kualitas transportasi dan logistik di Indonesia, khususnya pada angkutan laut. Kami berkomitmen untuk terus melakukan berbagai pembenahan serta inovasi teknologi, demi terciptanya sistem transportasi yang lebih baik, efisien dan berkelanjutan," jelas Menhub.

Ke depan, Menhub berharap seluruh pihak terus mempertahankan pelayanan yang prima kepada masyarakat pengguna jasa transportasi laut, melalui peningkatan kualitas armada kapal dan mutu sumber daya manusia, dengan tetap memprioritaskan keselamatan pelayaran.

Turut hadir dalam kegiatan itu Direktur Jenderal Perhubungan Laut KemenhubAntoni Arif Priadi, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Penasehat Utama dan Owner PT DLU Bambang Haryo Soekartono, dan Direktur Utama PT DLU Erwin H Poedjono.