Neuralink Ungkap Masalah Penarikan Kabel pada Implan Otak Pasien Pertama

JAKARTA - Neuralink, perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk, pekan lalu mengungkapkan  bahwa kabel-kabel kecil di dalam otak pasien pertamanya telah bergeser dari posisinya. Namun, menurut lima orang yang mengetahui masalah ini, perusahaan telah menyadari masalah ini selama bertahun-tahun.

Neuralink mengetahui dari pengujian hewan yang dilakukan sebelum mendapatkan persetujuan dari otoritas AS tahun lalu bahwa kabel tersebut mungkin akan tertarik, yang mengakibatkan elektrode sensitif yang mendekode sinyal otak ikut tertarik, kata tiga sumber. Namun, Neuralink menganggap risikonya cukup rendah sehingga tidak diperlukan desain ulang, tambah sumber-sumber tersebut.

Neuralink sedang menguji implan ini untuk memberi pasien yang lumpuh kemampuan untuk menggunakan perangkat digital hanya dengan berpikir, sebuah prospek yang dapat membantu orang dengan cedera tulang belakang.

Perusahaan pekan lalu mengatakan  bahwa kabel-kabel kecil implan, yang lebih tipis dari rambut manusia, tertarik dari otak pasien dalam uji coba manusia pertama, yang mengakibatkan lebih sedikit elektrode yang dapat mengukur sinyal otak.

Sinyal ini diterjemahkan menjadi tindakan, seperti menggerakkan kursor mouse di layar komputer. Perusahaan mengatakan berhasil memulihkan kemampuan implan untuk memantau sinyal otak pasien dengan melakukan perubahan termasuk memodifikasi algoritmanya agar lebih sensitif.

Sumber-sumber tersebut menolak disebutkan namanya karena perjanjian kerahasiaan yang mereka tanda tangani dengan perusahaan. Neuralink dan eksekutifnya tidak menanggapi laporan media tentang hal ini.

FDA AS mengetahui potensi masalah dengan kabel tersebut karena perusahaan membagikan hasil pengujian hewan sebagai bagian dari aplikasi untuk memulai uji coba manusia, kata salah satu sumber.

FDA menolak berkomentar apakah mereka mengetahui masalah tersebut atau pentingnya. Agensi tersebut mengatakan  bahwa mereka akan terus memantau keselamatan pasien yang terdaftar dalam studi Neuralink.

Jika Neuralink melanjutkan uji coba tanpa desain ulang, mereka bisa menghadapi tantangan jika lebih banyak kabel yang tertarik dan modifikasi algoritma terbukti tidak cukup, kata salah satu sumber. Namun, mendesain ulang kabel memiliki risikonya sendiri. Menjangkarkan kabel di otak, misalnya, bisa menyebabkan kerusakan jaringan otak jika kabel terlepas atau jika perusahaan perlu melepas perangkat, kata dua sumber.

Perusahaan telah berusaha merancang kabel sedemikian rupa sehingga memudahkan pelepasannya, sehingga implan dapat diperbarui seiring dengan kemajuan teknologi, kata karyawan saat ini dan mantan karyawan.

Pada bulan Januari, Neuralink menanamkan perangkat di otak pasien pertama, Noland Arbaugh, yang lumpuh dari bahu ke bawah akibat kecelakaan menyelam pada tahun 2016. “Dalam beberapa minggu setelah operasi, sejumlah kabel tertarik dari otak," kata Neuralink dalam pembaruan blog minggu lalu. Posting tersebut tidak menyebutkan efek kesehatan buruk pada Arbaugh dan tidak mengungkapkan berapa banyak dari 64 kabel perangkat yang tertarik atau berhenti mengumpulkan data otak.

Sejauh ini, perangkat tersebut memungkinkan Arbaugh bermain video game, menjelajahi internet, dan menggerakkan kursor komputer di laptopnya hanya dengan berpikir, menurut postingan blog dan video perusahaan. Neuralink mengatakan bahwa segera setelah operasi, Arbaugh melampaui rekor dunia untuk kecepatan mengendalikan kursor dengan pikiran saja.

Adalah umum bagi perusahaan perangkat medis untuk mencari solusi berbagai desain selama uji coba hewan dan untuk masalah yang muncul selama pengujian hewan dan klinis, menurut peneliti luar dan sumber yang telah bekerja di Neuralink dan perusahaan perangkat medis lainnya.

Spesialis yang mempelajari implan otak mengatakan masalah kabel yang bergerak bisa sulit diatasi, sebagian karena mekanisme bagaimana otak bergerak di dalam tengkorak. Robert Gaunt, seorang insinyur saraf di Universitas Pittsburgh, menggambarkan pergerakan kabel begitu cepat setelah operasi sebagai hal yang mengecewakan tetapi tidak tak terduga. “Dalam beberapa hari, minggu, bulan setelah implan seperti ini, ini mungkin waktu yang paling rentan,” katanya.

PIG HEAVING

Pada tahun 2022, FDA awalnya menolak aplikasi Neuralink untuk memulai uji coba manusia, dan mengangkat masalah keamanan tentang kabel. Neuralink melakukan pengujian hewan tambahan untuk mengatasi kekhawatiran tersebut, dan FDA tahun lalu memberikan persetujuan kepada perusahaan untuk memulai pengujian manusia.

Perusahaan menemukan bahwa sejumlah babi yang diimplan dengan perangkatnya mengembangkan jenis peradangan di otak yang disebut granuloma, yang menimbulkan kekhawatiran di antara peneliti Neuralink bahwa kabel tersebut bisa menjadi penyebabnya. Granuloma adalah respons jaringan inflamasi yang dapat terbentuk di sekitar benda asing atau infeksi.

Dalam setidaknya satu kasus, seekor babi mengembangkan kondisi tersebut secara parah. Catatan perusahaan yang ditinjau oleh Reuters menunjukkan bahwa babi tersebut mengalami demam dan kesulitan bernapas setelah operasi. Peneliti Neuralink tidak menyadari sejauh mana masalah tersebut sampai memeriksa otak babi tersebut setelah mati.

Di dalam Neuralink, peneliti memperdebatkan bagaimana memperbaiki masalah tersebut dan memulai penyelidikan selama berbulan-bulan, kata sumber-sumber yang mengetahui peristiwa tersebut. Akhirnya, perusahaan tidak dapat menentukan penyebab granuloma, tetapi menyimpulkan bahwa perangkat dan kabel yang terpasang tidak disalahkan, kata salah satu sumber.