Pembaruan Google Maps Mempermudah Pencarian Lokasi Pengisian Daya Mobil Listrik dan Rute Jalan

JAKARTA – Google Maps mendapatkan banyak pembaruan selama beberapa bulan belakangan ini. Meski peningkatannya sudah banyak, Google kembali menambahkan pembaruan yang berguna bagi para penggunanya.

Ada dua pembaruan yang Google tambahkan di Google Maps untuk perangkat Android. Pembaruan ini mencakup sorotan jalan yang akan ditampilkan di peta dan fitur yang mempermudah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Seperti yang ditemukan SmartDroid beberapa waktu lalu, pengguna Google Maps versi terbaru bisa mengubah filter pengisian gas untuk mobil menjadi SPKLU. Untuk menerapkan filter ini, pengguna harus mengatur bentuk kendaraannya di Pengaturan.

Di bagian menu Kendaraan Anda, pengguna harus mengganti model kendaraannya menjadi listrik. Saat kembali ke tampilan utama Maps, pengguna tidak akan melihat filter untuk pencarian Stasiun Gas karena sudah berganti menjadi Stasiun Pengisian.

Pembaruan ini sebenarnya sudah diluncurkan di Android Auto sejak tahun lalu, tetapi baru diperluas ke perangkat Android belum lama ini. Meski telah diluncurkan, pembaruan fitur ini belum tersedia di semua perangkat dengan sistem Android.

Berikutnya, Google mengubah kemampuan Maps dalam menyoroti jalan yang dicari. Sebelumnya, saat pengguna mencari suatu tempat, Maps akan menampilkan arah jalan dengan titik berwarna biru. Namun, titik ini digantikan dengan garis di versi Maps terbaru.

Garis ini masih berwarna biru dan menyoroti jalan dengan lebih jelas. Tampilan ini awalnya hanya diterapkan di aplikasi web dan pencarian melalui Google Search, tetapi kini sudah diperluas ke aplikasi asli di perangkat Android.

Sama seperti filter untuk mencari SPKLU, sorotan peta ini belum diperluas ke seluruh negara. Sepertinya, Google masih meluncurkan perubahannya secara bertahap. Sayangnya, belum ada informasi kapan pembaruan ini akan terlihat di ponsel iOS.