OpenAI Siap Mengumumkan Produk Mesin Pencarian Berbasis Kecerdasan Buatan

JAKARTA - OpenAI berencana untuk mengumumkan produk pencarian berbasis kecerdasan buatan pada  Senin, 13 Mei, menurut dua sumber yang akrab dengan masalah ini. Hal ini tentu meningkatkan persaingannya dengan raja mesin pencarian Google.

Bloomberg dan The Information juga telah melaporkan bahwa OpenAI yang didukung oleh Microsoft   sedang mengerjakan produk mesin pencarian untuk berpotensi bersaing dengan Google milik Alphabet dan dengan Perplexity, sebuah startup pencarian AI yang didanai dengan baik.

Sementara OpenAI masih menolak untuk memberikan komentar  tentang hal itu.

Selanjutnya OpenAI pada  Jumat 10 Mei memposting di X bahwa perusahaan akan menyiarkan acara langsung pada  Senin, untuk "memperlihatkan beberapa pembaruan ChatGPT dan GPT-4."

CEO OpenAI, Sam Altman kemudian memposting di X, "bukan gpt-5, bukan mesin pencari, tetapi kami telah bekerja keras pada beberapa hal baru yang kami pikir orang akan menyukainya! terasa seperti sihir bagiku."

Saham Alphabet sebagian pulih dari penurunan lebih dari 2% setelah posting Altman, dan terakhir turun 0,9%.

Pengumuman OpenAI mungkin dijadwalkan sehari sebelum dimulainya konferensi tahunan Google I/O pada  Selasa, di mana raksasa teknologi tersebut diperkirakan akan mengungkapkan sejumlah produk terkait kecerdasan buatan.

Produk pencarian OpenAI adalah perluasan dari produk unggulannya, ChatGPT, dan memungkinkan ChatGPT untuk mengambil informasi langsung dari Web dan mencantumkan kutipan. ChatGPT adalah produk chatbot OpenAI yang menggunakan model AI terdepan perusahaan untuk menghasilkan respons mirip manusia terhadap permintaan teks.

Para pengamat industri telah lama menyebut ChatGPT sebagai alternatif untuk mengumpulkan informasi online, meskipun ia mengalami kesulitan dalam menyediakan informasi yang akurat dan real-time dari Web. OpenAI sebelumnya memberikannya integrasi dengan Bing milik Microsoft untuk pelanggan berbayar. Sementara itu, Google telah mengumumkan fitur AI generatif untuk mesin pencari dengan namanya sendiri.

Startup Perplexity, yang memiliki valuasi  1 miliar dolar AS (Rp16,2 triliun), didirikan oleh mantan peneliti OpenAI, dan telah mendapatkan perhatian melalui penyediaan antarmuka pencarian AI-native yang menampilkan kutipan dalam hasil dan gambar serta teks dalam responsnya. Menurut pos blog startup tersebut pada bulan Januari, mereka memiliki 10 juta pengguna aktif bulanan.

Pada saat itu, produk ChatGPT OpenAI disebut sebagai aplikasi tercepat yang pernah mencapai 100 juta pengguna aktif bulanan setelah diluncurkan pada akhir 2022. Namun, lalu lintas global ke situs web ChatGPT telah mengalami fluktuasi selama setahun terakhir dan hanya kembali mencapai puncaknya pada Mei 2023, menurut firma analitik Similarweb, dan perusahaan AI tersebut merasa tertekan untuk memperluas basis pengguna.

Upaya sebelumnya untuk membawa informasi terbaru dan dunia nyata ke dalam ChatGPT, yang disebut sebagai plugin ChatGPT, dihentikan pada bulan April, menurut posting pusat bantuan di situs web OpenAI.