Tips Mencegah Dehidrasi di Mekkah: Ikuti 7 Cara Ini Agar Ibadah Nyaman dan Lancar

YOGYAKARTA - Berhubung musim Haji akan dating sebentar lagi, ada baiknya untuk calon Jemaah haji agar tahu bagaimana tips mencegah dehidrasi di Mekkah. Karena di sana panasnya gak main-main loh!

Beribadah ke Mekkah dan juga Madinah memerlukan persiapan secara rohani dan juga jasmani yang mesti dijaga ketika beribadah. Salah satunya yaitu dengan menjaga badan kita agar terhindar dari kekurangan cairan alias dehidrasi.

Bagaimana juga, tentu kita semua mau menjalani ibadah dengan maksimal serta khusyuk, maka dari itu, bagaimana triknya supaya tubuh terus terhindar dari dehidrasi?

Ikuti di bawah ini tips buat memelihara badan dari dehidrasi, ya!

Tips Mencegah Dehidrasi di Mekkah

I. Manfaatkan Air Zam-zam

Bila kalian mengambil botol kalian sendiri, isilah dengan air zam-zam kapan pun kalian dapat. Apabila kalian berada di masjid ataupun di mana juga, di mana zam-zam ada, jadikan hal ini selaku manfaat.

Ini merupakan satu-satunya tempat serta waktu di mana kalian mempunyai akses free ke situ, serta zam-zam memberikan tenaga yang tidak dipunyai air normal. Air ini bakal betul-betul mengisi kembali energi kalian yang habis serta bersemangat lagi buat terus melaksanakan ibadah ziarah.

II. Hindari Kafein

Bila kalian terbiasa dengan secangkir teh ataupun kopi biasa, kalian mungkin mau melepaskan diri dari kebiasaan itu sesegera mungkin. Minuman itu tidak ada secara bebas buat kalian di kala umrah ataupun naik haji, serta pastinya juga tidak baik buat kalian pada saat kalian berada dalam situasi itu.

Sebagian besar tempat di Mina mempunyai air es serta juice yang bisa diakses dengan bebas, serta mengonsumsi minuman ini lebih baik daripada kafein yang berbentuk minuman diuretik.

Yaitu bisa menimbulkan pengosongan kandung kemih lebih sering, sehingga membuat kalian kehilangan cairan tubuh.

III. Selalu Sedia Botol Minum

Ini merupakan opsi yang paling jelas serta perlu diingatkan terus, sebab tidak semua orang mempunyai Kerutinan bawa sebotol air. 60% kandungan dari badan kita merupakan air, maka dari itu penting buat komsumsi sebanyak 3-4 liter air tiap harinya.

Apalagi, dalam kehidupan sehari-hari, bermanfaat buat membawa botol air minum sendiri buat memastikan kalian minum lebih banyak di siang hari.

Terlebih dengan ritual haji mewajibkan peziarah buat berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Maka dari itu, senantiasa lebih baik buat bawa botol air minum sendiri.

Jangan tergantung pada sumber daya yang mungkin ada di sekitar kalian ataupun tergantung pada orang lain.

IV. Membawa Masker serta Payung

Buat menghindari paparan cahaya matahari yang terik, dibutuhkan neungan yang bisa melindungi kalian dari cahaya ultravoilet (UV) yang ‘jahat.’ Cahaya matahari pula gampang memberikan kalian dehidrasi sehingga kesimpulannya panas dalam serta jatuh sakit.

Nah, maka dari itu, sebagian besar kelompok haji bakal memberikan peziarah payung, jadi gunakanlah buat kebutuhan hidrasi tubuh kalian. Pada puncak hari, tidak ada tempat buat bersembunyi dari matahari.

Opsi terbaik buat kalian yaitu membawa naungan kalian sendiri berupa masker serta payung.

V. Jaga Kesehatan serta Teratur Berolahraga

Berolahraga serta gaya hidup yang sehat bakal menaikkan daya tahan badan serta imun kalian. Maka, penting buat kalian yang mau ziarah ke Mekkah serta Madinah dengan mempersiapkan fisik kalian terlebih dahulu.

Menurut sebuah artikel di Times, David Nieman, profesor kesehatan publik dan direktur dari Human Performance Lab di Appalachian State University, melaksanakan riset buat menemukan hal terbaik dalam tingkatkan kemampuan badan buat menghindari diri dari penyakit yaitu dengan berolahraga secara reguler.

Olahraga yang pas buat tingkatkan sel imun badan yaitu dengan jogging ataupun berjalan sepanjang 30 menit tiap hari nya. Makanya, ayo, berolahraga!

VI. Mengkonsumsi Glukosa yang Cukup

Supaya senantiasa terhidrasi, bawalah beberapa paket glukosa bersama kalian saat kalian memerlukan dorongan ekstra hidrasi. Kerumunan peziarah serta ritual bisa melelahkan kondisi fisik, hingga dari itu, lebih baik buat mempersiapkannya.

Di saat kalian merasa kehilangan cairan tubuh ataupun pusing, air biasa yang tidak bakal menolong kalian. Sedangkan itu, pakai glukosa yang bakal berikan kalian dorongan tenaga ekstra saat kalian membutuhkannya.

VII. Memperbanyak Buah serta Sayuran

Kebutuhan air pada badan bukan cuma berasal dari air putih saja, tetapi pula dari santapan yang kalian konsumsi. Sekitar 20 persen asupan air dapat diperoleh dari makanan, khususnya buah-buahan serta sayur-mayur.

Pastikan kalian jaga pola makan kalian serta memperbanyak serat yang bisa menghidrasi badan kalian. Nah, buah-buahan serta sayur-mayur yang bisa menghindari kalian dari dehidrasi yaitu timun, selada, seledri, semangka, stroberi, belimbing, jeruk, sampai blewah.

Selain itu kalian wajib mengenali “3 Tahapan dan Gejala Dehidrasi” agar tahu langkah apa yang segera diambil ketika di Arab.

Jadi setelah mengetahui tips mencegah dehidrasi di mekkah, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!