Hasil Thomas Cup 2024: Indonesia Melangkah ke Final

JAKARTA – Tim bulu tangkis putra Indonesia mengalahkan Taiwan dan lolos ke final Thomas Cup 2024. Sang peraih perunggu di Olimpiade Tokyo itu berhasil menunjukkan kelasnya.

Ginting menang atas unggulan pertama Taiwan Chou Tien Chen melalui dua set langsung dengan skor 21-18, 21-19 dalam tempo 51 menit pada laga yang digelar di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China. Sabtu, 4 Maret malam WIB.

Indonesia mendapat keunggulan pertama melalui Anthony Sinisuka Ginting. Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu menang dua gim langsung atas Chou Tien Chen.

Ini merupakan kemenangan kesepuluhnya dari total 16 pertandingan yang dilakukan pebulu tangkis 34 tahun itu.

”Cukup senang dengan performa hari ini. Dari pasang surut di lapangannya saya bisa mengatasi. Saat kejar-kejaran poin, unggul lalu hampir tersusul, saat tertinggal bisa menyusul. Semuanya bisa diatur dan dikontrol dengan baik,” ujar Ginting usai laga.

Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lalu membawa Indonesia memimpin 2-0 di pertandingan kedua. Mantan ganda putra nomor satu dunia itu bangkit dari kecolongan gim pertama untuk mengalahkan pasangan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 Lee Yang/Wang Chi Lin.

“Di gim kedua dan ketiga, dukungan tim di belakang sangat berarti. Itu membakar semangat dan menambah pede kami,” ujar Rian usai laga.

Tiket final menjadi milik Indonesia ditentukan melalui Jonatan Christie yang turun di partai ketiga. Juara All England 2024 tersebut menang dua gim langsung melawan Wang Tzu Wei.

Ini merupakan final ketiga berturut-turut buat Indonesia di Thomas Cup. Di dua edisi sebelum ini Indonesia menjadi juara (2021) dan runner up (2022). Sebelum tim Thomas, Indonesia juga sudah menempatkan wakil dari tim putri di final Uber Cup. Itu merupakan final pertama tim Uber sejak 2008.