Apa Itu Tinted Sunscreen? Tabir Surya dengan Fungsi Double

YOGYAKARTA - Tinted sunscreen merupakan varian tabir surya yang digemari oleh banyak beauty enthusiast. Produk skincare ini pernah ramai di media sosial karena dinilai mampu melindungi sekaligus meratakan warna kulit.

Penggunaan sunscreen berperan penting dalam melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Jika kulit sering terkena paparan matahari secara langsung maka akan mudah kering dan mengalami penuaan dini. Itulah setiap orang disarankan memakai sunscreen, terlebih bagi yang kerap beraktivitas di luar ruangan. 

Jika Anda ingin mencari produk sunscreen yang memberikan perlindungan kulit sekaligus manfaat lainnya, tinted sunscreen bisa Anda jadikan pilihan. Supaya nggak penasaran dengan produk ini, sebaiknya Anda pahami terlebih dulu apa itu tinted sunscreen dan keunggulannya. 

Apa Itu Tinted Sunscreen?

Tinted sunscreen adalah jenis tabir surya yang menggabungkan fungsi perawatan kulit dan make up. Produk ini dibuat dengan bahan dasar mineral yang formulanya dikombinasikan dengan pigmen yang berasal dari senyawa kimia tertentu. Kandungan ini bisa menghasilkan warna yang disesuaikan dengan warna kulit. 

Tinted sunscreen memiliki dua peran sekaligus untuk kulit, yakni mampu melindungi kulit dari paparan UV dan membantu warna kulit merata. Produk ini juga bisa membantu mencerahkan warna kulit secara lebih cepat. 

Sunscreen ini banyak diminati karena fungsi pakainya yang praktis dengan beberapa manfaat pada kulit. Selain itu, tinted sunscreen juga menyimpan beragam kandungan yang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. 

Kandungan di Dalam Tinted Sunscreen

Produk tinted sunscreen disusun dari komponen yang menggabungkan filter UV mineral spektrum luas (broad spectrum), seperti zinc oxide dan titanium dioxide dengan pigmen tambahan. Pigmen tambahan ini bisa menghasilkan warna kulit yang terlihat dan dapat memantulkan visible light. 

Sebagai perbandingan, partikel yang terdapat di sunscreen biasa memiliki ukuran nano untuk mengurangi tampilan whitecast (lapisan putih) pada wajah. Penerapan sunscreen biasa tidak tampak pada permukaan kulit, sehingga tidak dapat menghalangi cahaya yang tampak. 

Sementara itu untuk menghalau cahaya yang tampak, sunscreen harus dapat terlihat di permukaan kulit. Lantaran hal ini, sunscreen biasa (bukan tinted sunscreen) tidak bisa menjaga kulit dari cahaya yang tampak. Berbeda dengan tinted sunscreen yang menyimpan  pigmen tambahan untuk menghalau cahaya yang tampak. 

Basis warna tinted sunscreen dibuat dengan campuran beragam iron oxides hitam, kuning, dan merah dengan pigmen titanium dioksida. Kombinasi komponen tersebut membuat tinted sunscreen bisa menyesuaikan dengan berbagai warna kulit pemakainya. 

Banyak pengguna tabir surya yang bertanya-tanya memangnya apa beda tinted sunscreen dengan sunscreen  biasa? Penjelasan di atas adalah jawaban mengapa tinted sunscreen dinilai lebih praktis untuk menjawab kebutuhan perawatan kulit. 

Jadi tinted sunscreen memiliki kandungan yang bisa menjaga kulit dari paparan sinar UV dan visible light dari matahari. Fungsi ini memiliki perbedaan dengan sunscreen biasanya yang kandungannya hanya bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV saja. .

Keunggulan Memakai Tinted Sunscreen

Tinted sunscreen menawarkan sejumlah keunggulan atau kelebihan bagi pemakainya. Banyak orang lebih menyukai produk tabir surya ini karena memberikan manfaat lebih banyak dari sunscreen biasa. 

Berikut ini beberapa keunggulan menggunakan tinted sunscreen yang akan memanjakanmu:

  • Menghemat waktu dalam pemakaian produk skincare karena sudah memberikan dua fungsi sekaligus. 
  • Cocok dipakai pada semua musim karena memberikan hasil natural, baik musim panas maupun musim dingin
  • Tidak meninggalkan white cast karena produknya menyatu dengan kulit dan menyesuaikan warna.
  • Bisa dipakai sebagai alas bedak atau primer makeup sehingga cukup membantu riasan praktis.
  • Memberikan tampilan akhir yang matte sehingga tidak perlu mengkhawatirkan kulit berminyak. 

Demikianlah penjelasan apa itu tinted sunscreen sebagai produk tabir surya yang banyak dipilih untuk melindungi kulit. Tinted sunscreen cocok untuk Anda yang menginginkan tabir surya yang sekaligus dapat meratakan warna kulit. Baca juga tips melindungi kulit dari gelombang panas

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.