Borussia Dortmund Vs Paris Saint-Germain: Perburuan Treble

JAKARTA - Perburuan treble Paris Saint Germain dimulai dengan menghadapi Borussia Dortmund. PSG melakoni laga pertama semifinal di kandang lawan di Stadion Signal Iduna Park, Kamis, 2 Mei 2024 dini hari WIB.

Tidak ada beban berat yang ditanggung PSG dalam perburuan tiga trofi dalam satu musim ini. PSG sudah memastikan memenangi Ligue 1 Perancis di akhir pekan lalu.

Mereka juga berpeluang merebut Coupe de France atau Piala Perancis. Di laga final, PSG bertemu Olympique Lyonnais (Lyon) pada 25 Mei 2026.

Hanya pelatih Luis Enrique tak ingin fokus pemain terbelah. Dirinya berharap Kylian Mbappe dkk fokus pada semifinal dan sepenuhnya menikmati laga saat datang ke Dortmund.

PSG melaju ke semifinal setelah menyingkirkan Barcelona. Pada laga pertama di perempat final di kandang sendiri, PSG kalah 3-2. Namun saat melakoni laga kedua di kandang Barca, mereka membalikkan keadaan dan menang telak 4-1.

"Pencapaian yang luar biasa karena kami bisa sampai di sini [babak semifinal] dan kami bisa menikmati pertandingan yang istimewa di stadion yang unik di Eropa," kata Enrique yang membawa Barca memenangi Liga Champions 2015.

"Kami punya kesempatan membuat fans bahagia dengan melangkah ke final. Tetapi yang harus kami lakukan saat ini adalah menikmati [pertandingan]. Kami berharap bisa memenangkan dua pertandingan ini," ujarnya.

Enrique menyatakan tegas pemain harus melupakan pencapaian sebelumya. Kedua tim memang sudah bertemu di penyisihan grup. Saat itu, PSG menang 2-0 dan kemudian bermain imbang 1-1 di kandang Dortmund.

Tak hanya itu, Enrique tak ingin pemain larut dalam keberhasilan memenangi Ligue 1. "Pencapaian sebelumnya tak ada artinya. Sejarah memang luar biasa tetapi target kami adalah menang di pertandingan berikutnya. Kami tak ingin membuang kesempatan ini dan kemudian fokus pada laga kedua di Parc des Princes," ucap eks pelatih tim nasional Spanyol ini.

"Kami sudah makin berkembang di semua area. Kami sudah lebih baik dalam bertahan dan menyerang. Namun kami haus terus memperbaiki diri. Ini adalah karakteristik tim ini yaitu dengan berusaha bermain lebih baik dan tidak lagi memikirkan apa yang sudah dikerjakan," kata dia lagi.

Sementara, pelatih Dortmund Edin Terzic menyatakan tim asuhannya menghadapi lawan yang dibangun untuk menjadi juara Liga Champions. Ini yang menjadikan PSG lebih diunggulkan meski Dortmund bermain di kandang sendiri.

"Proyek di Paris dimulai dengan target juara Liga Champions. Ini yang menjadi target mereka dalam dekade ini," Terzic yang membawa Die Borussen ke semifinal untuk kali pertama sejak 2013. Bahkan saat itu, Dortmund melaju ke final sebelum dikalahkan Bayern Munchen dalam duel sesama tim Bundesliga Jerman.

Di laga itu Terzic masih bisa menurunkan skuat terbaik meski kehilangan Ramy Bensebaini dan Julien Duranville yang beum pulih dari cedera.

Sebaliknya, Mats Hummels, Donyell Malen, Sebastien Haller dan Marcel Sabitzer sudah kembali berlatih. Mereka bisa diturunkan di laga melawan PSG.

Gelandang Emre Can dan Ian Maatsen yang absen di pertandingan Bundesliga karena akumulasi kartu kuning bakal kembali dimainkan. Maatsen kembali menempati posisi di bek kiri. Sedangkan Can menempati gelandang bertahan.

Di lini depan, striker Niclas Fullkrug yang sudah mengemas 14 gol di berbagai kompetisi akan menjadi andalan untuk membongkar pertahanan Les Parisien. Dirinya mendapat dukungan dari Jadon Sancho dan Karim Adeyemi.

PSG tampil dengan kekuatan penuh. Pada laga terakhir Ligue 1, Enrique mengistirahatkan kiper Gianluigi Donnarumma dan sejumlah pemain seperti Nuno Mendes, Lucas Hernandez serta Fabian Ruiz. Kini, mereka bakal dimainkan di laga tersebut.

Mbappe akan menjadi tumpuan dengan skema bermain 4-2-3-1. Dirinya ditopang Ousmane Dembele, Marco Asensio dan Bradley Barcola. Meski bermain di kandang lawan, PSG sedikit difavoritkan di laga tersebut.

Prakiraan Susunan Pemain

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Kobel; Ryerson, Hummels, Schlotterbeck, Maatsen; Sabitzer, Can; Adeyemi, Brandt, Sancho; Fullkrug

Paris Saint-Germain (4-2-3-1): Donnarumma; Hakimi, Marquinhos, Danilo, Hernandez; Vitinha, Zaire-Emery; Dembele, Asensio, Barcola; Mbappe