Kapan Waktu yang Tempat Membeli Rumah, Pertimbangkan Ini Biar Nggak Nyesel

YOGYAKARTA - Fenomena generasi milenial yang dianggap kesulitan membeli rumah masih terus menjadi pembahasan hangat. Bisa mempunyai rumah sendiri memang impian bagi setiap orang, apalagi yang sudah berkeluarga. Namun faktanya keinginan untuk membeli rumah masih saja sulit terpenuhi mengingat harganya yang tinggi. 

Bagi yang masih lajang mungkin belum terlalu memikirkan rencana membeli rumah dalam waktu dekat. Namun bagi yang sudah berkeluarga, memiliki rumah adalah suatu keharusan sebagai tempat tinggal bersama istri dan anak-anaknya. Lantas kapan waktu yang tepat beli rumah agar menjadi keputusan yang bijak dan tidak menyesal?

Waktu yang Tepat untuk Membeli Rumah

Semakin cepat seseorang bisa membeli atau membangun rumah maka sebenarnya adalah hal yang lebih baik. Namun sayangnya tidak semua orang bisa memiliki rumah di usia muda. Selain itu, perbedaan tingkat penghasilan dan kondisi finansial juga membuat keputusan pembelian rumah pun berbeda. 

Membeli rumah bisa dilakukan ketika sudah menikah maupun saat masih melajang atau single. Selama ini masih banyak yang salah kaprah mengenai waktu kapan harus beli rumah dengan mempertimbangkan usia dan status pernikahan. Padahal faktor terpenting yang harus disesuaikan untuk rencana pembelian rumah adalah kondisi finansial. 

Bagi Anda yang sedang bimbang mengenai kebutuhan untuk membeli rumah, berikut ini tips kapan waktu yang tepat untuk beli rumah:

Sudah Memiliki Pekerjaan Tetap atau Pendapatan Sendiri

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, penting untuk mempertimbangkan terlebih dahulu status pekerjaan Anda. Apakah saat ini Anda bekerja sebagai pekerja kontrak (outsource) atau pekerja tetap. Hal ini penting karena nantinya pendapatan bulanan Anda akan menjadi faktor penentu dalam menganggarkan pembayaran cicilan rumah.

Bagi Anda yang masih bekerja kontrak, biasanya akan menghadapi kesulitan dalam mendapatkan persetujuan pinjaman rumah dari bank. Pekerja kontrak dinilai masih belum memiliki keuangan yang stabil, sehingga dikhawatirkan akan kesulitan dalam membayar angsuran. Sementara pekerja tetap, terlebih seperti PNS atau pegawai BUMN, biasanya punya kemudahan dalam mengajukan skema KPR. 

Mumpung Masih Belum Banyak Tanggungan

Jika Anda yang masih muda dan mandiri secara finansial serta tidak punya tanggungan, maka inilah waktu yang tepat untuk membeli rumah. Ketika belum ada tanggungan, Anda bisa menikmati atau memakai semua penghasilan untuk kebutuhan dan keinginan sendiri. 

Mumpung belum ada tanggungan maka ini merupakan kesempatan emas untuk berinvestasi dalam bentuk properti. Anda mempunyai kemampuan finansial yang cukup untuk membayar cicilan rumah, meskipun mungkin Anda masih harus membagi penghasilan dengan keluarga atau membantu biaya orangtua atau adik. Jangan menunda-nunda keputusan ini karena kebutuhan akan semakin bertambah seiring berjalannya waktu.

Sejak Usia Muda maka Lebih Baik

Masa muda dan kemandirian finansial adalah kondisi ideal untuk membeli rumah. Pada usia produktif ini, Anda memiliki penghasilan yang bisa disisihkan untuk tabungan rumah. Anda memiliki kebebasan untuk memilih tujuan investasi Anda, entah itu membeli rumah, berlibur, atau melakukan hal lainnya. 

Jangan biarkan waktu muda dan masa-masa produktif Anda berlalu begitu saja tanpa perencanaan yang baik untuk kedepannya. Oleh karena itu, ketika masih muda dan berpenghasilan maka menjadi waktu yang tepat untuk mengambil keputusan membeli rumah.

Dengan memiliki rumah sendiri pada usia muda, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membayar sewa rumah atau apartemen serta biaya lainnya. Mulailah merencanakan keuangan Anda sekarang, termasuk menentukan pos pengeluaran untuk uang muka pembelian rumah dan menghitung cicilan bulanannya.

Datang Tawaran dan Kesempatan yang Menarik 

Harga properti cenderung naik tiap tahunnya. Jika menemukan rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan didukung oleh dana yang mencukupi, jangan ragu untuk segera bertindak. Pertimbangkan promo dan keuntungan dari pengembang. Namun, pastikan rencana pembiayaan sudah dipertimbangkan dengan baik untuk menghindari masalah di tengah jalan.

Memilih untuk mengambil cicilan rumah melalui program KPR berarti telah siap untuk komitmen jangka panjang. Persiapkan dana yang cukup untuk membayar cicilan tepat waktu setiap bulan, dan alokasikan dengan cermat dari pos keuangan lainnya.

Momen Kenaikan Gaji atau Jabatan

Mendapat kenaikan gaji atau jabatan terasa seperti angin segar bagi para pekerja. Momen ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk membeli rumah.  Dengan bertambahnya pendapatan, Anda punya lebih banyak modal atau dana untuk membayar uang muka atau cicilan rumah. Namun pastikan untuk mengambil pembelian rumah yang sesuai dengan kemampuan. 

Demikianlah ulasan mengenai kapan waktu yang tepat membeli rumah. Bagi Anda yang sedang bingung memikirkan keinginan membeli rumah, pertimbangkan sejumlah tips di atas agar bisa mengambil keputusan secara matang dan tidak menyesal di kemudian hari. Baca juga tips mengatur keuangan bagi orang tua yang baru mempunyai anak

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.