Apakah Blackhead Bisa Hilang Sendiri? Simak 5 Perawatan yang Bantu Mengangkat Komedo Nakal Ini

YOGYAKARTA – Banyak orang memilih mengeluarkan paksa komedo nakal yang berwarna hitam atau disebut blackhead. Padahal, tanpa treatment tepat justru memicu iritasi dan membekas.

Untuk menghilangkan komedo secara umum, sebenarnya banyak obat jerawat yang dijual bebas. Obat tersebut diformulasikan untuk membantu mengelupas kulit mati dan mengurangi produksi minyak. Namun tetap saja membutuhkan perawatan berkelanjutan. Artinya, tidak seperti sulap yang sekejap bisa membuat kulit mulus kembali. Berikut perawatan yang membantu mengangkat komedo blackhead.

1. Pembersih Asam Salisilat

Mencuci wajah atau tubuh dengan pembersih yang diformulasikan mengandung asam salisilat membantu melarutkan minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Asam salisilat merupakan asam beta-hidroksi (BHA) yang berperan sebagai eksfoliator kimiawi untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi minyak penyebab komedo. Asam salisilat juga bisa mengeringkan, jadi gunakan sekali sehari saja untuk meminimalisir kulit kering bahkan iritasi.

Ilustrasi perawatan mengangkat komedo blackhead (Freepik/Anastasia Kazakova)

2. Skincare mengandung retinoid

Retinoid yang dipakai secara topikal adalah turunan vitamin A yang membantu meningkatkan pergantian sel. Efek ini membantu menghilangkan komedo dengan membersihkan sel kulit mati dari pori-pori dan mengelupas sel kulit mati agar tidak terus menyumbat pori-pori. Melansir Health, Rabu, 24 April, kebanyakan retinoid memerlukan resep.

Kedua macam skincare di atas, yang mengandung asam salisilat dan retinoid, harus dipakai bergantian. Artinya harus dipakai berurutan, misalnya saat pagi memakai pembersih asam salisilat dan malam memakai retinoid. Jika memakai sebaliknya, pakai tabir surya setelah memakai retinoid pada pagi hari supaya mencegah kulit sensitif terhadap sinar matahari.

3. Pembersih benzoil peroksida dan retinoid

Dermatolog sering merekomendasikan kombinasi pembersih retinoid dan benzoil peroksida untuk menghilangkan komedo di wajah atau tubuh. Benzoil peroksida dapat membantu menghilangkan bakteri berlebih pada kulit dan mengurangi produksi minyak sehingga membantu menghilangkan komedo.

4. Perawatan Asam Alfa Hidroksi (AHA)

Pembersih, serum, dan krim yang mengandung asam alfa hidroksi (AHA) dapat membantu menghilangkan komedo dengan mengelupas kulit dan membuka pori-pori yang tersumbat. AHA yang populer termasuk asam glikolat dan laktat. Asam glikolat menembus kulit lebih dalam daripada asam salisilat. Sedangkan asam laktat bekerja lebih lembut untuk kulit kering atau sensitif.

5. Skincare mengandung sulfur dan resorsinol

Baik pembersih jerawat, losion, dan krim yang mengandung sulfur dan resorsinol dapat membantu menghilangkan komedo dengan mengurangi produksi minyak serta melarutkan kotoran komedo. Resorcinol juga membantu menghilangkan penumpukan sel kulit mati penyebab komedo.

Itulah skincare yang membantu mengangkat komedo blackhead. Paling penting dicatat, meskipun komedo blackhead bisa hilang sendiri, kulit tetap membutuhkan perawatan. Penting dihindari, memencet komedo bukanlah solusi. Karena memencet komedo dapat mendorong minyak yang tersumbat dan kulit mati semakin dalam ke pori-pori, sehingga meningkatkan peradangan dan meningkatkan risiko jaringan parut.