Puslabfor Polri Bawa Mesin Gerinda dan Handpone dari Ruko Saudara Frame yang Terbakar

JAKARTA - Pusat Laboratorium dan Forensik (Puslabfor) Polri hingga Tim Inafis Polres Metro Jakarta Selatan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di Toko Bingkai Frame di Jalan Mampang Raya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Pantauan VOI di lokasi, terlihat sejumlah tim Puslabfor Polri, Inafis dan anggota Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan berada di lokasi. Mereka memulai memasuki TKP pada Senin, pukul 11.30 WIB.

Mereka masuk menggunakan perlengkapan helem dan sarung tangan untuk melindungi dirinya saat memasuki TKP.

Setelah beberapa menit kemudian, petugas Puslabfor Polri membawa barang bukti handpone dan benda lain. Barang itu dimasukan ke dalam plastik bening yang dibawa petugas.

Nampak dua korban kebakaran yang dihadirkan dalam kegiatan Olah TKP tersebut.

Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Hendrikus Yossi menjelaskan tujuannya melakukan kegiatan olah TKP untuk mengetahui penyebab pastinya kebakaran tersebut.

“Jadi kegiatan pada siang ini dimaksudkan untuk mencari tahu sebab asal muasal api berasal dari mana serta penyebab kebakaran ini,” kata Yossi kepada wartawan, Senin, 22 April.

Yossi juga mengatakan ada sejumlah barang bukti yang telah dibawa anggota Puslabfor Polri.

“Sisa pembakaran atau arang sisa kebakaran. Lalu mesin gerinda yang ditemukan di lokasi basement, yang berdasarkan keterangan saksi pada saat kejadian memang sempat ada aktivitas pemotongan atau penggergajian kayu,” katanya

“Lalu, diambil juga sampel dari swap atau sampel cairan yang tersisa di lokasi kebakaran, baik cairan maupun abu yang masih ada di TKP,” sambungnnya.

Saat ini barang-barang tersebut telah dibawa ke tim Puslabfor, guna dilakukan pendalaman lebih jauh.

“Selanjutnya, barang bukti tersebut dibawa ke laboratorium Puslabfor Mabes Polri dan akan dilakukan uji lab secara laboratoris, secara scientific, sehingga bisa diketahui apa sebabnya kebakaran ini terjadi atau asal muasal munculnya api di lokasi ini,” tutupnya.