Skincare Wajib Laki-laki untuk Mencerahkan Wajah, Pakai Sesuai Urutan

YOGYAKARTA – Tidak hanya perempuan, rutinitas skincare pada pria juga perlu diperhatikan. Bahkan penggunaannya harus dilakukan secara teratur agar hasilnya maksimal. Penggunaan skincare pria dibutuhkan agar wajah sehat dan lebih cerah. Secara basic, ada beberapa skincare wajib laki-laki yang digunakan sesuai urutan.

Skincare Wajib Laki-laki

Menggunakan skincare secara benar sesuai urutan akan membantu menyehatkan wajah sekaligus mencerahkan. Berikut ini beberapa skincare pria yang perlu diketahui.

  1. Cleanser atau Pembersih Muka (2 Kali Sehari)

Secara sederhana, cleanser adalah pemberih wajah yang membantu membersihkan wajah dari kotoran dan debu. Cairan ini membantu agar kulit bersih setelah seharian beraktivitas baik di luar atau di dalam ruangan. Cleanser pria tidak hanya membantu membersihkan wajah saja, namun membantu memperbaiki mood hingga menghindari penuaan dini akibat polusi.

Sebelum memutuskan untuk memilih cleanser, sebaiknya mengetahui jenis kulit wajah yang Anda miliki, apakah kering atau berminyak. Rekomendasi penggunaan cleanser pria dilakukan sebanyak dua kali yakni pagi hari sebelum aktivitas dan malam hari sebelum tidur.

  1. Facial Wash (1 Kali Sehari)

Facial wash adalah sabun khusus wajah yang dipakai untuk membersihkan kotoran, minyak, dan kulit mati di wajah. Skincare ini digunakan setelah memakai cleanser saat pagi. Salah satu fungsi facial wash adalah menyegarkan kulit wajah.

  1. Moisturizer (1 Kali Sehari)

Moisturizer atau pelembab wajah membantu kulit wajah tetap lembab dan tidak kering. Skincare ini sangat diperlukan terutama jika Anda bekerja di dalam ruangan full AC. Selain melembabkan, moisturizer juga membantu memperbaiki skin barrier serta menjaga kulit tetap sehat. Skincare ini digunakan setidaknya satu kali sehari setelah mencuci wajah.

  1. Sunscreen (2 Kali Sehari)

Step terakhir adalah sunscreen. Skincare ini sangat diperlukan untuk pria demi menjaga kulit dari paparan sinar UV matahari. Tidak hanya bagi pria yang bekerja di dalam ruangan, sunscreen juga sangat dianjurkan oleh pekerja yang bekerja di luar ruangan.

Jika Anda bekerja di luar ruangan, pilihlah sunscreen yang setidaknya memiliki SPF 30 PA+++. Hal itu dilakukan agar proteksi terhadap kulit jadi lebih maksimal.

Penggunaan Sunscreen dilakuan sebanyak dua kali secara bertahap. Tahap pertama dilakukan pagi hari, lalu tahap kedua dilakukan siang hari atau setelah sunscreen dirasa hilang akibat keringat atau setelah wajah terkena air. Namun disarankan penggunaan sunscreen tiap dua jam sekali.

Selain menggunakan rangkaian skincare tersebut, disarankan pula untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi buah dan sayur, olahraga teratur, hingga minum air putih cukup. Menghindari rokok dan alkohol juga membantu menyehatkan kulit wajah sehingga kecerahan akan didapatkan.

Itulah informasi terkait skincare wajib laki-laki. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.