Jangan Khawatir! Vaksin Bisa Lawan Mutasi Virus Corona B117

JAKARTA - Pemerintah mengimbau masyarakat tidak khawatir dengan adanya virus Corona jenis baru atau B117. Pemerintah memastikan vaksin COVID-19 yang tengah digunakan saat ini masih efektif melawan mutasi virus asal Inggris tersebut.

“Masyarakat tidak perlu khawatir terkait dampak masuknya varian B117 terhadap efikasi vaksin” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito di Jakarta, Kamis, 4 Maret.

Menurut Wiku, virus bisa terus bermutasi seiring dengan masih tingginya angka penularan di masyarakat. Hal ini pula akan menjadi tantangan bagi para peneliti untuk mengembangkan studi epidemiologis secara analitis. 

Meski lazim, kata Wiku, kehadiran virus baru tersebut langsung disikapi secara cepat mengingat Indonesia hingga kini belum keluar dari pandemi COVID-19.

“Peneliti terus melakukan penelitian lebih lanjut apa saja mutasi dan varian baru yang muncul agar kita mengerti apa saja implikasi dari varian tersebut dan solusi menghadapinya,” jelas Wiku.

Karenanya, Wiku mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan ketat 5M (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas). 

“Protokol ini sifatnya wajib. Karena itu, seluruh lapisan masyarakat harus mematuhinya,” pungkasnya.

Sebelumnya pemerintah telah mengonfirmasi soal ditemukannya mutasi virus corona B117 tepat setahun kala pertama kali mengumumkan adanya kasus positif corona di Indonesia. Varian baru B117 ini dilaporkan lebih menular 40-70 persen dibandingkan dengan varian awal yang ditemukan di Wuhan, China.