Jasa Marga Proyeksi Puncak Arus Balik Terjadi Hari Ini

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus balik Idulfitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024 terjadi pada hari ini Senin 15 April sehingga jumlah kendaraan melalui gerbang Tol Kalikangkung ke Tol Cikampek Utama (Cikatama) meningkat.

"Saat ini memang terjadi kenaikan jumlah kendaraan dari Trans Jawa menuju Jakarta, tetapi akan jauh lebih meningkat pada Senin," kata Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani di Cikampek, Minggu 14 April malam. 

Ia mengatakan volume lalu lintas kendaraan per jam pada pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB dari arah timur Trans Jawa dan Bandung di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama mencapai 102.000 kendaraan atau naik 168% dari volume lalu lintas normal.

Ia mengatakan padatnya kendaraan terjadi karena ramainya warga yang berkendara dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta. "Ini terjadi bukan karena pemberlakuan one way, tetapi ada pertemuan dua arus jalan dari Tol Trans Jawa dengan Tol Cipularang di km 67 Tol Jakarta-Cikampek," katanya.

Dia mengimbau masyarakat yang memiliki kelonggaran waktu agar dapat menunda waktu balik ke Jakarta agar tidak terjadi penumpukan. Jasa Marga memberikan potongan harga tarif tol yang balik ke Jabodetabek pada Selasa16 April dan Rabu 17April sebesar 20%.