Netanyahu ke Iran: Kami Memukul Mundur, Bersama-sama Kami akan Menang

JAKARTA -  Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berjanji bahwa negaranya akan meraih kemenangan setelah pihak militer menembak jatuh lebih dari 300 pesawat tak berawak dan rudal yang diluncurkan oleh Iran dalam eskalasi tajam konflik Timur Tengah.

Serangan Teheran pada Sabtu malam diluncurkan setelah dugaan serangan udara Israel di kompleks kedutaannya di Damaskus pada 1 April yang menewaskan petugas Korps Pengawal Revolusi Islam elit.

Iran telah mengandalkan kuasanya di seluruh wilayah untuk menyerang sasaran Israel dan AS dalam unjuk dukungan kepada kelompok militan Palestina Hamas dalam perang Gaza dengan Israel, yang tidak menunjukkan tanda-tanda mereda meskipun banyak upaya mediasi.

"Kami mencegat, kami memukul mundur, bersama-sama kami akan menang," tulis Netanyahu di X dikutip via Reuters, Minggu, 14 April. 

Militer Israel mengatakan angkatan bersenjata telah menembak jatuh lebih dari 99 persen drone dan rudal Iran dan sedang mendiskusikan opsi tindak lanjut.

TV Channel 12 Israel mengutip seorang pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan akan ada "tanggapan signifikan" terhadap serangan itu.

Perang di Gaza, yang diserbu Israel setelah serangan Hamas yang didukung Iran pada 7 Oktober lalu telah meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.