Gajah Zambia Menyerang, Nyawa Turis AS Melayang

JAKARTA - Seorang wanita lanjut usia asal Amerika Serikat (AS), Gail Mattson (79), tewas setelah gajah 'menyerang' kendaraan yang membawa turis di Taman Nasional Kafue, Zambia, Afrika Selatan.

Dilansir dari CNN, Sabtu, 6 April, seorang wanita lainnya terluka dan dibawa ke fasilitas medis setempat, kata perusahaan konservasi dan perhotelan Wilderness. Dilaporkan empat orang lainnya juga mengalami luka ringan.

Chief Executive Officer Wilderness Keith Vincent mengatakan kendaraan  yang membawa enam turis dan seorang pemandu, “secara tidak terduga ditabrak” oleh seekor gajah jantan saat berkeliling tamasya untuk melihat satwa liar.

“Pemandu kami semuanya sangat terlatih dan berpengalaman, namun sayangnya dalam hal ini medan dan vegetasi sedemikian rupa sehingga rute pemandu menjadi terhalang dan dia tidak dapat memindahkan kendaraannya keluar dari bahaya dengan cukup cepat,” kata Vincent.

“Ini peristiwa tragis dan kami menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga tamu yang meninggal dunia,” ujarnya.

 

Putra Mattson, Blake Vetter, mengatakan kepada CNN, keluarganya mengetahui kabar meninggalnya Mattson dari kedutaan AS. Menurut Vetter, Mattson adalah seorang nenek, dan pensiunan profesional hipotek.

“Dia dicintai oleh semua orang, dan dia menjadi pusat perhatian,” kata Vetter.

“Semua orang ingin menyalahkan gajah dan pengemudinya, tetapi tidak, itu adalah kecelakaan yang aneh,” imbuhnya.