Taklukkan Finlandia, Wales Lawan Polandia di Final Play-off Euro 2024

JAKARTA - Wales sukses menaklukkan Finlandia 4-1 di pertandingan semifinal Path A play-off Euro 2024 di Stadion Cardiff City, Jumat, 22 Maret 2024 dini hari WIB. Kemenangan yang membawa Wales ke final menghadapi Polandia.

Wales menunjukan penampilan terbaik saat menghadapi Finlandia. Harapan mereka berlaga di Piala Eropa terbuka setelah menyingkirkan lawannya.

Di pertandingan itu, Wales yang bermain di kandang sendiri langsung unggul lewat gol cepat David Brooks. Pertandingan baru berjalan tiga menit, Brooks sudah membobol gawang Finlandia.

Berawal dari sepakan Harry Wilson yang masih bisa diblok. Bola rebound itu langsung disambar Brooks yang menjadikan The Dragons unggul 1-0.

Keunggulan itu menjadikan Wales kian agresif. Hasilnya, tim asuhan Robert Page ini memperbesar keunggulan di menit 38. Kali ini, Neco Williams yang membawa Wales unggul 2-0.

Namun Finlandia sempat bangkit. Di menit 45, mereka memperkecil ketinggalannya saat Teemu Pukki, eks striker Norwich City yang kini bermain di MLS ini, membobol gawang Wales. Skor berubah menjadi 2-1 untuk Wales dan bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Wales sudah tidak terbendung. Serangan mereka membuat barisan pertahanan Finlandia bekerja keras. Namun mereka tetap gagal meredam serangan tersebut.

Pertandingan baru berjalan dua menit, Wales sudah menambah gol melalui Brennan Johnson. Selanjutnya, Ben Davies menambah gol di menit 79. Hanya saja, gol dia dianulir setelah ditinjau lewat VAR.

Pemain sayap Daniel James akhirnya yang memantapkan keunggulan Wales di menit 80.

Mantan pemain Manchester United ini membobol gawang lawan saat melakoni caps yang ke-50. Skor menjadi 4-1 saat laga berakhir dan Wales lolos ke final menghadapi Polandia.

Page merasa puas dengan kemenangan itu. Menurut dia tim seharusnya mencetak lebih dari empat gol di laga itu.

"Kami seharusnya bisa mencetak lima atau enam gol. Tetapi ini baru separuh perjalanan. Kami akan menghadapi laga besar berikutnya pada Selasa [waktu setempat]. Kami tak sabar menghadapi laga ini," kata Page yang memberi apresiasi kepada Dan James.

"Dan James bermain fantastis saat menjalani cap ke-50. Dia pantas mencetak gol. Ini membuat dia kian percaya diri," ujarnya lebih lanjut.

"Kami punya pemain pengganti yang juga bermain dengan kepercayaan diri kuat. Anda bisa menyaksikan performa mereka di pertandingan," kata Page.

Laga final Path A memberi keuntungan bagi Wales karena mereka bertindak sebagai tuan rumah. Laga digelar di Stadion Cardiff City, Rabu, 27 Maret 2024 dini hari WIB.