Pasar Kripto Diprediksi Menghijau pada Bitcoin Halving Bulan April Nanti

JAKARTA - Co-Founder Komunitas BitcoinIndo21 dan Bitcoin Indonesia Dimas Surya Alfaruq memproyeksikan, pasar kripto akan menghijau pada saat Bitcoin Halving pada April mendatang.

Karena menurutnya, Bitcoin Halving akan membuat laju pasokan Bitcoin di pasar berkurang, sehingga memungkinkan harga Bitcoin berpotensi naik secara signifikan.

“Saat ini pun dapat dikatakan pasar kripto juga tengah berada di fase bullish, terlihat pada harga-harga yang cenderung stabil,” kata Dimas dalam acara Finance Flash bertajuk “Ngabuburit Bahas Prospek Investasi Saat Ramadan” oleh Reku pada Jumat, 15 Maret.

Oleh karena itu, Dimas mengimbau agar para investor untuk mempersiapkan strategi trading dan investasinya agar dapat memanfaatkan situasi pasar dengan baik.

“Investor dapat menabung rutin atau Dollar Cost Averaging dan diversifikasi di sejumlah aset kripto. Karena Halving Bitcoin juga berpotensi mempengaruhi naiknya harga aset-aset kripto lainnya,” ungkap Dimas.

Secara historis, halving Bitcoin di tahun 2013 mencatat peningkatan harga Bitcoin hingga 93,1 kali setara Rp164 juta. Kemudian di tahun 2017, harga Bitcoin meningkat 30,1 kali yang membuat Bitcoin mencapai level Rp300 juta.

Selanjutnya tahun 2021 meningkat sebesar 7,8 kali, menyentuh All-Time-High (ATH) di angka Rp939 juta.