Sandiaga Respons Viral Konten Wisatawan Malaysia di Jakarta: Jangan Baper, Jadikan Kritik Membangun
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, kritikan wisatawan asal Malaysia soal penilaian negatif saat berwisata ke Jakarta harus dihargai.
Pihaknya mengajak masyarakat untuk menjadikan kritikan itu sebagai masukan yang positif untuk membangun serta meningkatkan pariwisata Indonesia.
“Kita harus hargai setiap masukan, kita jangan bawa perasaan, jangan baper, tapi ini jadi kritik yang membangun, jadi kritik yang konstruktif, ini jadi kesempatan kita untuk meningkatkan dan memperbaiki pariwisata kita, jangan menjadi terpicu saling ejek dan sebagainya,” ujar Sandiaga dalam jumpa pers mingguan dilansir ANTARA, Rabu, 13 Maret.
Sandiaga juga mengingatkan pentingnya menjaga keramahan pada wisatawan termasuk wisman asal negeri Jiran. Pasalnya, Malaysia hingga kini masih berada pada urutan pertama yang berkunjung ke Indonesia.
Baca juga:
- Pj Gubernur Jabar Hormati Proses Hukum Soal Sekda Bandung Ema Sumarna Jadi Tersangka di KPK
- KPU Sahkan Perolehan Suara Prabowo-Gibran Menang di Riau
- Mayor Teddy Masih Bertugas Jadi Ajudan Prabowo Sambil Tunggu Administrasi Jabatan Wadanyonif Para Raider 328
- Bareksrim Polri Usut Keterkaitan Jaringan Fredy Pratama dengan Murtala Ilyas
Bila menilik data Badan Pusat Statistik (BPS) kunjungan wisman asal Malaysia pada Januari 2024 mendominasi yakni tercatat sebesar 16,73 persen.
Soal kritikan yang dilontarkan wisman Malaysia itu , Sandiaga juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata (Dispar) Jakarta untuk menyiapkan solusi atas kritikan itu.
Sebelumnya, wisatawan asal Malaysia memposting kritikan saat ia berwisata di Jakarta lewat akun instagram. Sejumlah kritikan itu lantas ramai diperbincangkan serta ditanggapi beragam komentar oleh warganet Indonesia.