6 Jenis Karpet Mobil yang Ada di Pasaran

YOGYAKARTA – Ada banyak jenis karpet mobil yang bisa dipilih untuk dipasang di kendaraan. Memilih jenis karpet yang tepat akan menambah kenyamanan terutama pada penumpang.

Seperti diketahui, penggantian karpet mobil biasanya dilakukan karena beragam alasan, misalnya karena kondisi yang sudah tak layak atau untuk menyesuaikan tampilan interior. Sebelum memilih, ketahui jenis karpet untuk mobil yang cocok untuk Anda.

Jenis Karpet Mobil

Karpet mobil biasanya dibuat dari material yang berbeda-beda sekaligus memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini berbagai jenis karpet mobil yang bisa dipilih.

  1. Karpet Karet

Karpet mobil yang kerap dijumpai adalah bermaterial karet. Biasanya mobil baru menggunakan karpet karet sebagai alasnya. Penggunaan karpet jenis ini bukan tanpa alasan. Selain lebih tanah lama, karpet karet mobil juga mudah dibersihkan saat terkena kotoran yang menempel di alas kaki penumpang. Sedangkan kelemahan karpet karet adalah harganya relatif mahal.

  1. Karpet Sintetis

Seperti namanya, bahan karpet mobil ini adalah sintetis. Secara sederhana karpet sintetis mirip dengan karpet karet. Karpet sintetis mobil memiliki banyak keunggulan seperti lebih mudah dibersihkan dari kotoran, mudah dicopot dari mobil, dan harganya pun relatif lebih murah dibanding karpet karet. Sayangnya kekurangan karpet mobil sintetis adalah usia penggunaannya relatif lebih pendek.

  1. Karpet PVC

Karpet mobil PVC kerap disebut dengan karpet mobil mie atau bihun karena bagian permukaan karet ini keriting menyerupai mie. Karpet ini dipilih karena kelebihannya yakni lebih empuk di kaki, mudah dibersihkan, dan pilihan warnanya lebih beragam. Kekurangan karpet PVC mobil adalah harganya relatif mahal. Selain itu ada produk karpet mobil PVC yang memiliki bau menyengat saat baru.

  1. Karpet Beludru

Karpet mobil beludru kerap dipilih untuk menambah kesan mewah pada mobil. Karpet ini berbeda dari jenis lainnya karena berbahan kain. Kelebihan karpet mobil beludru adalah lebih nyaman di kaki dan kesannya sangat mewah.

Sedangkan kekurangan karpet mobil beludru adalah harganya cukup mahal. Selain itu karpet jenis ini lebih sulit dibersihkan dibanding jenis karpet lainnya.

  1. Karpet Eva Foam

Karpet mobil eva foam akhir-akhir ini cukup diminati. Karpet ini berbahan busa seperti alas dalam sol sepatu. Karpet jenis ini dipilih karena punya kelebihan yakni lebih nyaman di kaki dan bisa menahan kotoran yang terbawa alas kaki dengan baik. Selain itu karpet eva foam lebih lebih gampang dipotong sehingga bisa disesuaikan dengan kabin mobil.

  1. Karpet Mobil Campuran

Seperti namanya, karpet mobil bahan campuran dibuat dengan mengombinasikan berbagai bahan seperti beludru dengan karet. Karpet jenis ini biasanya dibuat sesuai dengan kebutuhan. Kelemahan karpet mobil campuran adalah pemilik kendaraan harus tahu kebutuhannya. Selain itu pemilihan material harus tepat karena jika kurang tepat akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Selain mengetahui berbagai material karpet mobil, ketahui tips merawat mobil saat musim hujan agar lebih awet.

Itulah informasi terkait jenis karpet mobil. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.