Liga Europa Sparta vs Liverpool: Si Merah Banyak Rotasi

JAKARTA - Liverpool bertandang ke markas Sparta Prague, Stadion Letna, pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa 2023/2024, Jumat, 8 Maret 2024, dini hari WIB.

The Reds berkunjung dengan misi melanjutkan upaya quadruple (empat gelar dalam semusim) pada musim ini.

Tiga pemain sudah kembali dari cedera, tapi Jurgen Klopp tampaknya akan melakukan rotasi. Soalnya, tiga hari setelah melawan Sparta, mereka harus menghadapi lawan berat di Liga Inggris 2023/2024, Manchester City.

Tak heran, Klopp mesti meramu tim agar tidak kelelahan menghadapi laga penting melawan penantang gelar liga.

Caioimhin Kelleher diperkirakan akan tetap menjaga gawang langaran Adrian dan Alisson Becker absen setidaknya satu bulan lagi.

Bek kiri kemungkinan diisi Kostas Tsimikas menggantikan Andy Robertson. Tsimikas menjadi salah satu pemain yang sudah pulih dari cedera.

Pilihan di sektor bek kanan melimpah. Setidaknya ada Joe Gomez dan Conor Bradley yang bisa disiapkan di samping Trent Alexander-Arnold yang mesti istirahat.

Jantung pertahanan juga punya banyak opsi. Selain Gomez yang juga bisa jadi bek tengah, masih ada Jarell Quansah dan Ibrahima Konate untuk menggantikan Virgil van Dijk.

Van Dijk harus diistirahatkan di Liga Europa demi bisa fit saat Liverpool bertemu Manchester City.

Lini tengah tak lepas dari sektor yang kena rotasi. Kembalinya Dominik Szoboszlai dan Wataru Endo ke skuad membuat Klopp bisa melakukan rotasi.

Sementara Curtis Jones, Ryan Gravenberch, Thiago Alcantara, dan Stefan Bajectic masih di ruang perawatan.

Endo bakal memperkaya permainan Liverpool karena dia pemain serbabisa. Pemain asal Jepang itu kemungkinan besar menjadi starter bertandem dengan Mac Allister.

Selain itu, dua nama lain di lini tengah bisa menjadi milik James McConnell dan Harvey Elliott. Pelapis di bangku cadangan juga melimpah.

Klopp menyiapkan Dominik Szoboszlai dan pemain muda, seperti Bobby Clark, Jayden Danns, Kaide Gordon, dan Trey Nyoni yang baru mendapat debut pekan lalu pada usia 16 tahun.

Bergeser ke sektor penyerangan, Klopp tampaknya tidak akan melakukan rotasi terlalu dalam. Paling-paling, hanya Mohamed Salah yang dibangkucadangkan.

Darwin Nunez menunjukkan dirinya sanggup dipercaya menjadi starter saat Diogo Jota dan Ben Doak cedera.

Cody Gakpo dan Luis Diaz yang bisa jadi pilihan untuk menemani Nunez.

Meski melakukan banyak perubahan, Liverpool tetap berada di atas angin. Si Merah tak pernah kalah dalam dua pertemuan sebelumnya.

Liverpool bertemu Sparta di Liga Europa 2011. Hasilnya, The Reds menang 1-0 di Anfield dan seri 0-0 di kandang Sparta.