Apple Podcast Luncurkan Fitur Transkrip di Pembaruan iOS 17.4

JAKARTA – Pembaruan iOS 17.4 telah diluncurkan ke perangkat iPhone tertentu pada Selasa, 5 Maret. Dalam pembaruan tersebut, Apple menambahkan fitur transkrip ke dalam aplikasi Apple Podcast.

Transkrip ini akan muncul secara otomatis dalam kurun waktu beberapa jam setelah episode baru diunggah. Apple mengatakan bahwa fitur ini bisa membantu pengguna membaca isi podcast dalam bentuk teks dan mencari kata atau kalimat tertentu.

Pengguna juga bisa memutar teks dari titik tertentu dengan mengeklik teks yang terlihat di layar. Selama episode podcast diputar, pengguna akan melihat kata yang disorot sesuai dengan pengucapan podcaster agar pengguna bisa mengikuti dengan mudah.

Direktur Senior Kebijakan dan Inisiatif Aksesibilitas Global Apple, Sarah Herrlinger, mengatakan bahwa transkrip ini dibangun atas komitmen Apple. Perusahaan itu ingin menciptakan produk dan layanan yang menjangkau seluruh kalangan.

"Kami sangat senang membuat transkrip tersedia secara luas untuk semua orang, menambahkan lapisan aksesibilitas tambahan pada pengalaman Podcast," ungkap Sarah, dikutip dari blog resmi Apple.

Transkrip merupakan fitur yang sangat berguna bagi penyandang tunarungu atau gangguan pendengaran yang ingin mengetahui isi podcast. Mereka bisa tahu seluruh isi podcast tanpa perlu menekan tombol putar. 

Untuk saat ini, fitur transkrip hanya tersedia di Inggris, Spanyol, Jerman, dan Prancis. Selain bisa diputar di iOS, fitur ini juga bisa diakses oleh pengguna iPad. Pengguna harus memastikan bahwa perangkat mereka sudah mendapatkan pembaruan iPadOS 17.4.