Sekutu Presiden Putin Ingatkan Emmanuel Macron Bagaimana Nasib Tentara Napoleon saat Coba Menginvasi Rusia

JAKARTA - Sekutu Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan Presiden Prancis Emmanuel Macron, pasukan apa pun yang dia kirim ke Ukraina akan menemui akhir yang sama seperti Grande Armee pimpinan Napoleon Bonaparte yang invasinya ke Rusia pada tahun 1812 berakhir dengan kematian dan kekalahan.

Presiden Macron pada Hari Senin membuka pintu bagi negara-negara Eropa untuk mengirimkan pasukan ke Ukraina, meskipun ia memperingatkan bahwa belum ada konsensus pada tahap ini.

Komentarnya mendorong banyak negara Barat lainnya, termasuk Amerika Serikat dan Inggris, untuk mengatakan mereka tidak memiliki rencana seperti itu, sementara Kremlin memperingatkan konflik antara Rusia dan aliansi militer NATO yang dipimpin AS tidak akan terhindarkan jika anggota NATO dari Eropa mengirim pasukan ke negara tersebut untuk berperang di Ukraina.

Sementara, sekutu Presiden Putin yang juga Ketua Negara Vyacheslav Volodin mengatakan, Presiden Macron tampaknya melihat dirinya sebagai Napoleon dan memperingatkannya agar tidak mengikuti jejak kaisar Prancis.

"Untuk mempertahankan kekuasaan pribadinya, Macron tidak bisa memikirkan hal yang lebih baik selain memicu perang dunia ketiga. Inisiatifnya menjadi berbahaya bagi warga Prancis," tulis Volodin di akun media sosial resminya, dilansir dari Reuters 29 Februari.

"Sebelum membuat pernyataan seperti itu, sebaiknya Macron mengingat bagaimana hal itu berakhir bagi Napoleon dan tentaranya, lebih dari 600.000 di antaranya tergeletak di tanah lembab," tandasnya.

Invasi Napoleon pada tahun 1812 ke Rusia pada awalnya membuat kemajuan pesat dan merebut Moskow. Namun, taktik Rusia memaksa Grande Armee mundur jauh dan ratusan ribu anak buahnya tewas akibat penyakit, kelaparan dan kedinginan.

Diketahui, perang di Ukraina telah memicu krisis terburuk dalam hubungan Rusia dengan Barat sejak Krisis Rudal Kuba tahun 1962 dan Putin, yang mengendalikan persenjataan nuklir terbesar di dunia, telah memperingatkan bahaya konfrontasi langsung antara NATO dan Rusia.

Namun, pernyataan Presiden Macron disambut baik oleh beberapa pihak di luar Rusia, khususnya di Eropa Timur.

Terpisah, mantan Presiden Dmitry Medvedev yang sekarang menjadi wakil ketua Dewan Keamanan Rusia berpendapat, Macron memiliki khayalan keagungan yang berbahaya, mengatakan pernyataannya adalah contoh betapa cacatnya pemikiran politik Barat.

"Pewaris Bonaparte, yang mencoba tanda pangkat emas yang direnggut 200 tahun lalu, sangat ingin membalas dendam sebesar Napoleon dan melontarkan omong kosong yang kejam dan sangat berbahaya," katanya.

Adapun juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan, pernyataan Presiden Macron telah mengungkapkan bahwa negara-negara Barat lainnya, tidak seperti Presiden Prancis, memahami risiko bentrokan langsung antara pasukan NATO dan Rusia.

"Para pemimpin di banyak negara Eropa dengan cepat mengatakan bahwa mereka tidak dan tidak merencanakan hal semacam itu," jelasnya.

"Ini menunjukkan mereka memahami bahayanya," tandasnya.