Google Chrome Versi Android Punya Tombol Bookmark Ganda

JAKARTA – Chrome, browser buatan Google, seharusnya memiliki User Interface (UI) yang lebih sederhana di perangkat Android. Namun, tampilan Chrome 122 tidak sesederhana sebelumnya.

Berdasarkan temuan 9to5google beberapa waktu lalu, Google meluncurkan tombol Bookmark tambahan di versi beta. Tombol ini akan terlihat saat pengguna mengeklik ikon titik tiga vertikal yang terlihat di pojok kanan atas layar.

Tombol Bookmark terbaru ini ditempatkan di antara tombol Bagikan dan tombol Temukan di Halaman. Sementara itu, tombol Bookmark lainnya tidak mengalami perubahan dan masih ada di bawah tombol Unduhan.

Setelah melewati proses pengujian beta, tombol Bookmark kedua telah diluncurkan dalam versi stabil pada Jumat, 23 Februari lalu. Kini, beberapa pengguna Chrome versi stabil bisa melihat dua tombol Bookmark.

 

Sepertinya, tombol Bookmark ini masih diluncurkan secara bertahap. Belum diketahui alasan Google merilis tombol Bookmark kedua. Penambahan Bookmark ini mungkin sengaja dilakukan untuk menghapus tombol Bookmark yang lama.

Selain meluncurkan tombol Bookmark, Chrome 122 seharusnya menyertakan fitur Listen to This Page atau Dengarkan Halaman Ini. Namun, dari temuan 9to5google, Google belum menyertakan fitur tersebut.

Dengarkan Halaman Ini merupakan fitur yang mendukung miniplayer dengan tombol putar, jeda, dan tombol pemutaran lainnya. Fitur ini bisa digunakan jika pengguna ingin mengetahui isi suatu website tanpa perlu membacanya.