Ingin Jadi Pemain Utama Transformasi EV Tanah Air, MG Akui Dominasi Mobil ICE Masih Tinggi di Indonesia

JAKARTA - Morris Garage (MG) berhasil mencuri perhatian pasar otomotif Indonesia dengan menghadirkan berbagai mobil listrik dari MG4 EV dan MG ZS EV dengan harga kompetitif.

Namun, Arief Syarifudin selaku Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, menilai mobil Internal Combustion Engine (ICE) masih akan menguasai pasar Indonesia beberapa tahun ke depan dan butuh waktu untuk menuju elektrifikasi sepenuhnya.

“Kami harus akui bahwa saat ini mesin pembakaran memimpin dalam penjualan mobil karena pasar ini masih sangat dominan di tanah air, terutama SUV,” kata Arief Syarifudin saat ditemui media dalam sela-sela gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di Kemayoran, Jakarta, Rabu, 21 Februari.

Namun, Arief berujar bahwa pihaknya selalu berinisiatif dengan melakukan gebrakan dengan menghadirkan lebih banyak EV dan menghasilkan respons positif melalui model seperti MG4 EV dan MG ZS EV.

“Kami berbicara soal ‘leading the way’ yang tidak hanya sekedar retorika, tapi MG berada di dalamnya untuk berani melakukan transformasi,” tambah Arief.

Pernyataan Arief ini sesuai dengan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), di mana MG berhasil memperoleh penjualan grosir selama Januari 2024 berjumlah 117 unit dengan 77 unit di antaranya merupakan kendaraan bermesin ICE.

Mobil dalam segmen SUV seperti ZS masih memimpin penjualan kendaraan yang dimiliki oleh perusahaan sebanyak 44 unit, diikuti oleh MG5 GT berjumlah 21 unit, dan HS dengan jumlah 12 unit selama periode tersebut.