Ciri-ciri Anak Percaya Diri yang Harus Orangtua Tahu

YOGYAKARTA - Ciri anak percaya diri nampak jelas dari kebiasaan yang dilakukan. Sebagaimana diketahui, rasa percaya diri ialah elemen penting yang bakal menolong anak melalui masa tumbuh kembang serta membentuk kepribadiannya.

Anak dengan kepercayaan diri tinggi nampak lebih menonjol dibanding teman seusianya. Mereka mempunyai keahlian unik yang bisa membantunya unggul di seluruh bidang. Anak yang mempunyai rasa percaya diri pula lebih gampang menikmati kehidupan sosial.

Ciri-ciri Anak Percaya Diri

1. Pantang Menyerah

Anak dengan kepercayaan diri yang tinggi tidak bakal gampang menyerah. Dia bakal terus berupaya sampai memperoleh hasil yang di idamkan, meski mungkin ada jeda waktu yang diambil.

Si Kecil pula belajar buat melihat kegagalan selaku kesempatan buat belajar serta berkembang, bukan selaku kekalahan yang tidak terhindarkan. Dengan pemikiran ini, mereka bisa bangkit kembali sehabis mengalami kegagalan ataupun kesusahan, serta tidak menyerah dengan mudah.

Sementara itu, anak dengan kepercayaan diri yang rendah bakal lebih gampang menyerah. Apalagi baru sesaat sehabis berupaya melaksanakan suatu game ataupun mengerjakan tugas, dia bakal menyerah sebab merasa frustasi pada diri sendiri.

2. Tidak Takut Gagal

Ini selaras dengan pola pikir growth mindset di mana anak-anak dapat belajar menyadari kalau dengan berupaya serta belajar dari kesalahan, mereka bisa terus tumbuh serta menggapai kesuksesan di masa depan.

Anak kita pun belajar buat melihat kegagalan selaku kesempatan buat belajar serta berkembang, bukan selaku kekalahan yang tidak terhindarkan. Dengan pemikiran ini, mereka bisa bangkit kembali sehabis mengalami kegagalan ataupun kesusahan, serta tidak menyerah dengan mudah.

Kebalikannya, anak yang tidak percaya diri cenderung menjauhi tantangan serta hal-hal baru sebab khawatir hadapi kegagalan. Sementara itu mungkin dia mempunyai potensi besar disitu, lho!

3. Berani Mencoba Hal Baru

Salah satu karakteristik anak percaya diri bisa dilihat dari karakternya yang berani mencoba hal-hal baru. Untuk orang dewasa saja, mencoba hal baru mungkin jadi sesuatu hal yang lumayan menakutkan. Jadi, apabila si Kecil berani mencoba bermacam hal baru, bisa dipastikan dia telah mempunyai rasa percaya diri yang baik.

Dia telah mempunyai pemikiran yang positif terhadap dirinya sendiri sehingga si Kecil tahu kalau selalu ada yang pertama dalam kehidupan serta wajar bila dalam percobaan pertama dia tidak sukses.

4. Menerima Kritikan dengan Bijak

Begitu pula pada saat menerima kritik serta masukan dari orang lain. Dia tidak bakal merasa tersinggung tetapi menjadikan kritik serta masukan selaku bahan pertimbangan buat membetulkan diri.

Kebalikannya anak yang tidak percaya diri bakal kerap berpendapat negatif tentang dirinya sendiri, termasuk menjelek-jelekkan dirinya sendiri, “saya pasti tidak bisa”, “aku memang nakal”, “aku ini jelek”, maupun ujaran-ujaran yang lain.

Anak yang kurang percaya diri umumnya lebih gampang stres serta merasa pesimis terhadap segala sesuatunya, sehingga jadi sensitif terhadap pendapat orang lain terhadap dirinya.

5. Mempunyai Tujuan yang Jelas

Tiap anak tentu mempunyai kemauan buat menggapai sesuatu. Bila anak Kalian memperlihatkan kemauan, hasrat, serta keberanian yang besar buat menggapai tujuannya tersebut, ini dapat menunjukkan kalau dia mempunyai rasa percaya diri yang besar.

Misalnya saja, saat si Kecil lagi bermain balok, dia telah tahu kalau keinginannya untuk membuat menara balok setinggi mukanya. Hingga, anak bakal percaya serta berupaya membangun tumpukan demi tumpukan balok supaya tidak sampai jatuh ataupun roboh.

6. Dapat Menerima Pujian dengan Baik

Anak yang percaya diri bakal memandang dirinya sendiri dengan positif. Oleh sebab itu, dia lebih dapat menerima pujian serta kritikan dari orang lain dengan baik. Pada saat dipuji dia tidak bakal merasa canggung sebab dia memanglah merasa selaku anak yang berharga serta dicintai.

Contohnya saat ada yang menyanjung, “Wah, hebat sekali Kakak bisa buat menara balok ini! ”Kemungkinan besar dia bakal merespon dengan perkataan terima kasih ataupun tersenyum lebar.

Berbeda dengan anak yang kurang percaya diri. Saat dipuji biasanya mereka bakal menunduk malu ataupun jauh di dalam hatinya tidak mempercayai kalau pujian tersebut sifatnya tulus.

7. Gampang Bergaul

Biasanya, anak-anak merasa canggung apabila dihadapkan dengan situasi ataupun daerah sosial yang asing menurutnya. Tetapi, apabila anak Kalian nampak berani serta gampang memulai obrolan ataupun interaksi pada saat berjumpa dengan teman-teman baru, bisa dibilang si Kecil mempunyai rasa percaya diri yang baik.

Kepercayaan diri membuat si Kecil merasa nyaman serta aman buat menjalin pertemanan dengan orang lain, apalagi yang baru saja ditemui. Dia tidak khawatir ajakan pertemanannya ditolak oleh orang lain.

Anak dengan percaya diri yang baik pula bakal bersedia berpartisipasi serta menikmati bermacam tipe kegiatan serta hobi. Kebalikannya, anak yang tidak percaya diri bakal khawatir mencoba hal-hal yang baru, tidak berani menghadapi konflik, serta merasa tidak mempunyai kelebihan ataupun keahlian tertentu.

Mereka cenderung gampang menyerah terhadap suatu tugas ataupun game yang susah. Anak pula tidak berani mencoba kegiatan olahraga yang menantang buat anak seusianya. Keadaan ini bakal mengakibatkan mereka nampak berpenampilan penakut.

Kalian juga perlu membaca: “5 Alasan Mengapa Rasa Percaya Diri Penting” agar kita bisa menjaga mental supaya tetap sehat.

Jadi setelah mengetahui ciri-ciri anak percaya diri, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!