Tips Melindungi Aset PR dan Pemasaran dari Serangan Siber

JAKARTA - Perusahaan keamanan siber global Kaspersky menyebutkan bahwa penjahat siber bisa saja menargetkan aset perusahaan yang dikelola oleh humas dan pemasaran (marketing) untuk tujuan jahat tertentu.

Serangannya pun cukup beragam termasuk melalui email, platform periklanan, saluran media sosial, dan situs promosi lainnya. Karena itu, diperlukan perlindungan mendalam.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diambil oleh departemen pemasaran dan Humas agar aset perusahaan tetap aman:

Menyelenggarakan pelatihan kesadaran keamanan siber di seluruh departemen pemasaran secara teratur

Memastikan seluruh karyawan mematuhi praktik terbaik kata sandi dan penggunaan wajib autentikasi dua faktor, terutama untuk jejaring sosial, alat pengiriman surat, dan platform manajemen iklan

Menghilangkan praktik penggunaan satu kata sandi untuk semua karyawan yang memerlukan akses ke jaringan sosial perusahaan atau tools online lainnya

Memastikan karyawan untuk mengakses alat surat/periklanan dan panel admin situs web hanya dari perangkat kerja yang dilengkapi perlindungan penuh sesuai standar perusahaan

Mendesak karyawan untuk memasang perlindungan komprehensif pada komputer pribadi

Memperkenalkan praktik wajib keluar dari platform surat/iklan dan akun serupa lainnya bila tidak digunakan

Ingatlah untuk mencabut akses ke jejaring sosial, platform surat/iklan, dan admin situs web segera setelah karyawan meninggalkan perusahaan

Secara teratur meninjau daftar email yang dikirim dan iklan yang sedang berjalan, bersama dengan analisis lalu lintas situs web yang terperinci untuk menemukan anomali pada waktu yang tepat

Pastikan semua perangkat lunak yang digunakan di situs web dan di komputer kerja diperbarui secara berkala ke versi terbaru

Bekerja sama dengan kontraktor pendukung situs web untuk menerapkan validasi dan sanitasi formulir, khususnya untuk memastikan bahwa tautan tidak dapat dimasukkan ke dalam bidang yang tidak dimaksudkan untuk tujuan tersebut.