Antiribet, Begini Cara Menonaktifkan Fitur People You May Know di Facebook

JAKARTA - Sama seperti media sosial pada umumnya, Facebook memiliki fitur rekomendasi untuk menambahkan teman. Fitur dengan nama People You May Know ini akan muncul di tampilan feed.

Fitur ini bekerja dengan algoritma keterlibatan dan daftar kontak yang diintegrasikan sehingga akun yang direkomendasikan mungkin sesuai dengan keinginan pengguna. Namun, tak semua orang menyukai fitur ini.

Ada beberapa pengguna yang hanya ingin berteman dengan orang-orang tertentu sehingga tidak membutuhkan rekomendasi. Ada juga yang tidak ingin melihat fitur tersebut karena tak ingin menambahkan teman tanpa sengaja.

Jika Anda tidak suka dengan fitur ini, Anda bisa menghilangkan fiturnya. Mengutip dari Makeuseof, Anda perlu membuka aplikasi Facebook di perangkat Anda, kemudian gulir layar hingga menemukan fitur People You May Know.

Setelah menemukan rekomendasi tersebut, ketuk ikon titik tiga di pojok kanan layar, lalu ketuk opsi Hide People You May Know atau Sembunyikan Orang yang Mungkin Anda Kenal. Setelah itu, rekomendasi akan menghilang dari feed.

Sayangnya, opsi tersebut tidak membuat fiturnya hilang secara permanen. Facebook hanya menyembunyikan fiturnya untuk sementara waktu, setelah itu fiturnya akan muncul kembali. Platform itu tak pernah menjelaskan berapa lama fiturnya akan hilang.

Selain menghilangkan fitur People You May Know dari feed, Anda juga bisa menghilangkan notifikasi untuk fitur tersebut. Untuk mematikan pemberitahuannya, buka aplikasi Facebook, kemudian pergi ke Pengaturan.

Setelah itu, buka menu Notifikasi dan pilih opsi People You May Know. Saat toggle button terlihat, ketuk tombol tersebut. Jika tombolnya sudah diketuk, Facebook akan berhenti mengirimkan saran melalui notifikasi.