Ucapan Manis Anies untuk Megawati di Hari Ulang Tahunnya

JAKARTA - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Hal ini disampaikan Anies sebelum memulai kampanye di Yogyakarta.

"Izinkan kami menyampaikan selamat ulang tahun untuk Ibu Megawati. Semoga Bu Mega selalu sehat, dipanjangkan umurnya, selalu dalam kebahagiaan, keberkahan, dan terus menjadi tiang kokoh, tegar dalam menjaga konstitusi dan demokrasi kita," kata Anies di Bandara Adi Sutjipto, Selasa, 23 Januari.

Bagi Anies, Ketua Umum PDI Perjuangan ini merupakan tokoh politik yang konsisten dalam menjaga demokrasi. Selama ini, Anies melihat Megawati sikap hormat pada aturan hukum dan konstitusi.

"Di hari ulang tahun ini kita bisa ambil pelajaran dari Ibu Mega sebagai orang yang menjaga konstitusi, menjaga demokrasi. Semoga panjang umur sehat selalu," ungkap Anies.

Megawati, menurut Anies, merupakan Presiden yang bisa menjaga pelaksanaan pemilihan umum dengan netral. Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya Presiden 2024 dari koalisi partai yang berbeda dengannya.

"Sebagai presiden, di dalam pemilu itu, beliau bukan jadi pemenang. Lalu ketika tidak menang di pilpres, berada di luar di oposisi, dijalani oposisi itu tabah, sampai kemudian kembali ke pemerintahan lagi. Ketika sudah di pemerintahan lagi ada iming-iming perpanjangan (masa jabatan presiden), tidak bergeming," jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan ulang tahun Presiden ke-5 RI itu dirayakan secara sederhana dengan dihadiri oleh orang-orang terdekatnya saja.

“Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, ulang tahun Ibu Megawati diadakan secara sederhana dan dihadiri oleh keluarga dan sahabat dekat beliau,” kata Hasto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan seluruh kader PDIP di berbagai daerah juga merayakan ulang tahun Megawati dengan kegiatan kebudayaan. Para koleganya juga akan membagikan tumpeng untuk masyarakat hingga melakukan penanaman pohon.

Tak hanya itu, Hasto mengatakan para kader juga mengirim banyak video ucapan ulang tahun ke Megawati melalui dirinya. Berbagai video ucapan itu akan ditayangkan dalam kanal YouTube Badan Kebudayaan Partai.