7 Tanda IUD Bergeser dari Rahim, Kenali Penyebabnya

YOGYAKARTA - Intraurine device (IUD) merupakan salah satu alat kontrasepsi yang banyak dipilih oleh wanita. Meskipun dapat mencegah kehamilan dalam jangka waktu lama 3-12 tahun, namun KB IUD bisa bergeser dari rahim. Untuk mengantisipasi terjadinya hal ini, wanita perlu tahu tanda-tanda IUD bergeser. 

IUD juga dikenal sebagai alat kontrasepsi spiral atau coil yang berukuran kecil. Alat KB yang sering berbentuk ‘T’ ini digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam rahim untuk mencegah kehamilan. Meskipun penggunaannya sangat praktis dan aman, namun ada juga risiko yang perlu diwaspadai dari pemakaian IUD. 

Beberapa kasus wanita mengeluhkan KB IUD yang bergeser dari rahim atau bahkan jatuh. Apabila IUD tidak terpasang dengan tepat, maka wanita bisa mengalami kehamilan. Lantas apa saja tanda-tanda IUD bergeser dan penyebabnya. 

Penyebab IUD Bergeser dari Rahim 

Dalam beberapa kasus yang ditemukan, IUD bisa berpindah dari tempatnya dalam beberapa bulan awal setelah memasangnya. Selain itu, terdapat juga sejumlah faktor lain yang membuat KB ini bergerak.

Berikut ini beberapa hal yang membuat KB IUD bergeser dari rahim yang perlu dipahami oleh wanita:

  • Anda mengalami kontraksi rahim dengan gejala yang kuat selama periode menstruasi.
  • Rahim Anda miring.
  • Anda memiliki rongga rahim yang kecil.
  • Pemasangan IUD dilakukan oleh dokter yang tidak berpengalaman dalam menjalankan prosedur ini.

Selain itu sejumlah hal di atas, terdapat juga beberapa faktor yang  bisa memicu KB IUD bergeser. Berikut ini sejumlah faktor pemicunya:

  • Berusia di bawah 20 tahun.
  • Pemasangan IUD dilakukan segera setelah melahirkan.
  • Sedang menyusui.

Tanda-Tanda IUD Bergeser dari Rahim

Berikut ini beberapa tanda KB IUD bergeser dari rahim yang perlu dipahami oleh wanita yang memakai alat kontrasepsi ini:

Tali IUD Tidak Bisa Dirasakan

Anda tidak bisa merasakan talinya. Saat menjalani pemeriksaan dan tidak dapat menemukan tali KB IUD, ada kemungkinan tali melingkar di dalam rahim. Namun kondisi itu juga ada kemungkinan kalau alat kontrasepsi sudah bergeser. 

Panjang Tali IUD Tidak Normal

Tali IUD yang Anda terpasang terasa lebih pendek atau lebih panjang dari biasanya. Jika panjang tali berbeda, ada kemungkinan IUD mengalami pergeseran. Anda perlu memeriksakan tali IUD secara teratur untuk lebih mudah mendeteksi kondisinya.

Terasa Bagian Plastik yang Keras

Ketika KB IUD berada di tempat yang tepat, Anda seharusnya hanya merasakan talinya. Namun jika Anda merasakan bagian plastik yang keras dari IUD yang menyembul keluar, kemungkinan alat tersebut bergeser.

IUD Terasa ketika Berhubungan Intim

Saat IUD terpasang dengan baik, Anda dan pasangan seharusnya tidak merasakannya ketika melakukan hubungan intim. Pasangan Anda mungkin merasakan talinya, tetapi bukan pada bagian plastiknya. Jika pasangan merasakan bagian plastik yang keras, kemungkinan alat tersebut sudah bergerak.

Gejala Rasa Nyeri

Tanda selanjutnya yang mungkin menunjukkan pergeseran IUD adalah gejala rasa nyeri. Jika Anda merasakan sakit yang luar biasa, memburuk, atau tidak kunjung hilang dalam 3–6 bulan setelah memasang KB IUD, kemungkinan alat tersebut tidak terpasang di tempatnya.

Pendarahan Berat atau Tidak Normal

Perdarahan berat atau tidak normal juga bisa menjadi tanda KB IUD bergeser dari rahim. Bercak dan perdarahan seringkali terjadi setelah Anda baru memasang KB IUD. Namun jika pendarahan terjadi dengan berat atau tidak normal bisa menjadi tanda alat tersebut dipasang di tempat yang salah.

Kram Parah dan Keputihan

Tanda lainnya yang bisa menunjukkan IUD bergeser adalah gejala kram parah, keputihan yang tidak normal, atau demam. Kondisi itu semua dapat menjadi pertanda alat kontrasepsi bergeser, tetapi mungkin juga menunjukkan tanda infeksi.

Demikianlah ulasan mengenai tanda-tanda IUD bergeser dari rahim yang perlu dipahami oleh wanita. KB IUD yang bergeser bisa disebabkan oleh beberapa faktor di atas. Baca juga 4 layanan KB yang ditanggung BPJS Kesehatan

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.