BYD Rambah Segmen Pikap, Tersedia Versi EV dan PHEV

JAKARTA - BYD berencana melengkapi jajaran model kendaraannya dan sedang mempersiapkan diri untuk merambah ke segmen pikap. Ini dibuktikan dari merek tersebut tengah menguji coba salah satu pikap double-cabin.

Berdasarkan tangkapan kamera dari Autopsy, Senin, 8 Januari, mobil tersebut terlihat berjalan di jalan raya tanpa selimut kamuflase, sehingga tampilan dari model ini terlihat sangat jelas.

Selain desain eksterior yang tangguh, bagian interior juga terlihat dengan jelas. Terlihat sepasang layar yang terdiri dari satu instrumen pengemudi dan infotainmen seperti model BYD lainnya.

Meskipun gambar mata-mata tersebut merupakan kendaraan dengan kemudi kiri yang sesuai dengan regulasi negara China, unit dari pikap tersebut telah tersedia di Australia dan tengah diuji coba.

“Akan ada elemen desain yang dibuat [selama periode] enam hingga sembilan bulan, jadi sudah ada elemen yang sesuai untuk Australia, direkayasa ulang ke dalam kendaraan agar lebih sesuai dengan kondisi Australia,” kata CEO EVDirect (distributor BYD Australia), Luke Todd, menurut lansiran CarExpert, Senin, 8 Januari.

Dalam hal powertrain, pikap tersebut akan menawarkan sistem plug-in hybrid (PHEV) atau Electric Vehicle (EV) dan akan debut dalam beberapa bulan mendatang. Yang artinya, mobil ini akan mengusung mesin 1,5 liter turbocharged yang dipadukan dengan motor listrik ganda menghasilkan total tenaga 365 kW.

Sayangnya, perusahaan belum mengungkapkan spesifikasi untuk versi EV. Namun, BYD memastikan akan membawa pikap nol emisi ini ke pasaran dan diperkirakan akan dibanderol di atas 100.000 dolar Australia (atau lebih dari Rp1 miliaran).