Aturan Memakai Jas Tanpa Dasi: Perhatikan Jenis Acara, Kerapian, hingga Aksesori Harus Pas

YOGYAKARTA – Umumnya mengenakan jas selalu disertai dengan penggunaan dasi. Namun, dasi hanya bersifat opsional. Artinya mengenakan jas dibolehkan tanpa dasi. Namun untuk melakukan hal tersebut harus memperhatikan aturan memakai jas tanpa dasi dengan memperhatikan beberapa hal agar tak mengganggu fashion Anda.

Aturan Memakai Jas Tanpa Dasi

Mengenakan jas tanpa dasi bisa dilakukan namun harus mempertimbangkan berbagai hal. Selain memperhatikan kenyamanan, pemakai harus mempertimbangkan beberapa faktor yakni sebagai berikut.

  1. Perhatikan Jenis Acara dan Area

Penggunaan setelah jas dengan dasi biasanya dilakukan di acara formal dan di tempat khusus misalnya di lingkungan kerja profesional, acara formal terutama tingkat internasional.

Saat Anda memutuskan mengenakan jas tanpa dasi, perhatikan dulu jenis acara dan di mana acara diselenggarakan. Penggunaan jas tanpa dasi boleh dilakukan di acara semi formal. Hindari pemilihan warna yang terlalu mencolok atau warna yang saling bertabrakan.

  1. Jaga Kerah Tetap Rapi

Saat mengenakan jas tanpa dasi biasanya bagian kerah akan terlihat sedikit berantakan. Di sisi lain, kerah baju ikut menentukan apakah Anda berpakaian rapi atau tidak. Saat kerah kurang rapi, maka kesan yang muncul justru kurang sopan.

Usahakan untuk membuat kerah tetap rapi dan tidap melorot. Mengkondisikan kerah baju tetap kencang tanpa dasi kadang membutuhkan usaha karena biasanya placket kemeja yakni di bagian bawah dagu kurang kuat menopang kerah sehingga membuat kerah jadi melorot. Agar kerah baju tetap rapi dan kencang lakukan beberapa hal berikut ini.

  • Setrika lebih dulu. Tambahkan cairan kanji agar kain lebih kaku
  • Manfaatkan penahan berbahan plastik, logam, atau magnet di area kerah
  1. Buka Kancing Kemeja

Mengenakan jas tanpa dasi boleh dilakukan dengan catatan menyesuaikan aturan yakni membuka kancing kemeja bagian atas. Namun kondisi tersebut harus mempertimbangkan beberapa hal yakni sebagai berikut.

  • Kenakan Jas Berkancing Sedikit

Kenakan jaket jas dengan jumlah kancing 1 atau 2 buah. Hindari penggunaan jas dengan kancing terlalu banyak karena akan membuat Anda terlihat seperti terbungkus kain sehingga kurang kasual

  • Sesuaikan dengan Acara

Semakin banyak kancing yang dibuka, Anda akan terkesan makin kasual dan berani. Usahakan untuk menyesuaikan kondisi tersebut dengan format acara.

  1. Kaus Dalam Jangan Terlihat

Mengenakan kaus dalam saat mengenakan jas memiliki beberapa manfaat yakni membantu menghangatkan tubuh, menyerap keringat, melindungi noda keringat menempel di kemeja-jas, hingga membantu membentuk tubuh lebih ramping. Namun saat mengenakan jas tanpa kancing usahakan untuk menyembunyikan kaus dalam.

Kaus dalam yang terlihat saat mengenakan jas tanpa dasi akan menimbulkan kesan sesak pada diri Anda. Hindari pula kaus dalam dengan warna yang kontras dengan kemeja agar tidak terlihat dari luar.

  1. Pilih Aksesori yang Pas

Pada dasarnya dasi akan membantu lawan bicara fokus ke penampilan. Saat mengenakan jas tanpa dasi, usahakan untuk mengenakan aksesori yang tepat dan sesuai. Beberapa aksesori yang bisa dipakai untuk pengganti fungsi dasi adalah sebagai berikut.

  • Sapu Tangan

Lipat sapu tangan lurus lalu letakkan di sapu depan dengan ujung yang terlihat. Fungsi sapu tangan di kantong jas adalah untuk menggantikan dasi sebagai fokus pandangan.

  • Kancing Manset

Kenakan kancing manset, namun pastikan kancing menarik serta menonjol. Hindari pemilihan kancing manset dengan warna yang telalu mencolok. Sesuaikan dengan warna jas yang Anda kenakan.

  • Jam Tangan

Kenakan jam tangan dengan tali kulit atau logam. Jika strap kulit usahakan memilih warna sesuai dengan warna ikat pinggang dan sepatu. Namun jika strap jam tangan logam usahakan warna sama dengan gesper ikat pinggang.

  • Sepatu

Usahakan mengenakan sepatu kulit yang mengkilap karena keberadaannya akan cukup mencolok saat Anda tak mengenakan dasi.

Selain itu Anda juga harus tahu apa saja perbedaan jas dan blazer agar tidak salah kostum saat menghadiri acara.

Itulah informasi terkait aturan memakai jas tanpa dasi. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.