LG Ciptakan Robot Mungil Cerdas yang Bisa Awasi Rumah dan Hewan Peliharaan

 

JAKARTA – LG Electronics menciptakan robot bipedal mungil berbasis Kecerdasan Buatan (AI). Robot ini akan dipamerkan dalam acara tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas.

Dengan dukungan Qualcomm Platform Robotics RB5, robot tanpa nama ini memiliki segudang kemampuan yang menguntungkan pemiliknya. Robot ini mampu menavigasi rumah, berinteraksi secara verbal, mengekspresikan emosi, dan mampu mengenali suara.

Secara sederhana, robot yang didesain ramah untuk rumah ini merupakan alat bantu manusia seperti Alexa, asisten cerdas milik Amazon, dan Apple HomePod, speaker yang menggunakan asisten digital Siri untuk mengontrol perangkat di rumah.

Menariknya, robot buatan LG ini bisa mengingatkan kapan waktu yang tepat untuk minum obat dan memberi tahu kondisi cuaca ketika pemiliknya hendak bepergian. Agen kecil untuk rumah ini juga bisa memantau hewan peliharaan selama ditinggal di rumah.

Seperti yang dijelaskan dalam rilis CES, robot ini memiliki kamera internal, speaker, dan sensor untuk mengumpulkan data lingkungan seperti suhu, kelembapan, hingga kualitas udara. Maka dari itu, robot bipedal ini bisa menjadi alternatif yang tepat untuk memantau rumah.

Robot yang disebut sebagai agen rumah pintar berbasis AI ini memiliki beberapa kecerdasan yang juga menarik untuk diketahui. Teknologi cerdas ini bisa menyambut pemiliknya saat tiba di rumah, bergerak sesuai emosi, dan berpatroli di dalam rumah saat ditinggal.

Secara otomatis, robot ini akan berpindah dari satu ruangan ke ruangan yang lain dan memberi tahu pemiliknya jika ada jendela yang masih terbuka atau lampu yang masih menyala. Robot AI mungil ini akan memberikan notifikasi ke ponsel pemiliknya.

Robot AI mungil buatan LG bisa dilihat dalam pegelaran CES 2024 selama empat hari, mulai tanggal 9 hingga 12 Januari tahun depan. Selain LG, ada ribuan startup teknologi yang akan memamerkan teknologi mereka di Las Vegas.