Ciri Busi Sepeda Motor Rusak dan Dampaknya ke Kendaraan Jika Tak Segera Diganti

YOGYAKARTA – Busi yang bermasalah akan berdampak pada performa mesin kendaraan bermotor. Karena itu pemilik kendaraan sepeda motor disarankan untuk tahu ciri busi sepeda motor rusak sekaligus dampak yang akan terjadi jika tak segera dilakukan penggantian.

Ciri Busi Sepeda Motor Rusak

Perlu diketahui, ada banyak jenis busi motor namun fungsinya sama yakni sebagai sumber percikan api yang dipakai untuk membakar udara dan bahan bakar di ruang bakar. Saat busi rusak atau melemah akan mengganggu proses pembakaran di ruang mesin. Berikut ini tanda busi sepeda motor rusak dan harus segera diganti.

  1. Motor Jadi Boros BBM

Tanda pertama yang bisa dirasakan saat busi mulai lemah adalah motor jadi lebih boros bahan bakar. Saat percikan api pada busi lemah maka pembakaran di mesin jadi tidak sempurna. Kondisi itu akan memicu adanya endapan kotoran di elektroda, yakni di ujung insulator busi. Konsumsi BBM yang makin boros akan berdampak pada pengeluaran yang makin membengkak.

  1. Mesin Susah Dinyalakan

Saat percikan api busi lemah bahkan hilang, mesin jadi sulit dinyalakan, baik melalui sistem electric starter maupun lewat kick starter manual. Hal itu terjadi karena percikan api tak cukup kuat untuk membakar bahan bakar di ruang bakar mesin.

Sayangnya pemilik kendaraan kadang abai dengan masalah busi hingga terus berusaha menyalakan sepeda motor dengan electric starter. Akibatnya listrik di aki berpotensi habis.

  1. Mesin Bergetar Sesaat Setelah Dinyalakan

Normalnya, mesin sepeda motor akan terdengar halus dan stabil setelah dinyalakan. Namun jika mesin terdengar kasar dan muncul getaran di mesin dan bodi motor, ada kemungkinan busi perlu diganti.

  1. Tarikan Mesin Terlambat

Pernahkah Anda mencoba memperbesar gas dengan harapan kecepatan sepeda motor bertambah namun telat? Kondisi itu bisa disebabkan karena busi yang lemah. Mesin jadi kurang responsif meski pengendara mencoba menambah kecepatan lewat gas.

  1. Mesin Seperti Kehabisan Bahan Bakar

Saat kendaraan dipacu, mesin seolah seperti kehabisan bahan bakar namun masih bisa berjalan. Keadaan itu terjadi bisa karena busi yang bermasalah.

  1. Motor Tiba-tiba Mati

Ciri lain yang menandakan busi bermasalah adalah missed fire di ruang bakar. Biasanya sepeda motor akan macet sebentar lalu berfungsi lagi. Yang membahayakan adalah kemacetan yang disebabkan oleh busi bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Dikhawatirkan sepeda motor macet di tanjakan atau di jalur cepat nan padat.

  1. Mesin Kasar dan Pincang

Busi yang bermasalah akan memicu mesin jadi pincang pada kendaraan dengan dua silinder. Akibatnya performa mesin jadi tidak maksimal. Bahkan, suara mesin jadi lebih kasar dibanding biasanya.

  1. Busi Gosong atau Kotor

Saat dirasa mesin kendaraan tidak berjalan seperti biasanya, cobalah untuk mengecek kondisi busi. Jika busi gosong atau kotor berarti harus segera diganti. Busi bisa dibersihkan secara mandiri lalu dipasang lagi. Namun cara tersebut hanya bersifat sementara di kondisi yang mendesak.

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, disarankan untuk mengetahui waktu terbaik ganti busi motor. Anda bisa membawa kendaraan ke bengkel kepercayaan.

Selain terkait ciri busi sepeda motor rusak, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.