BAKTI Lakukan Uji Coba SATRIA-1 di Enam Wilayah, Bisa Dipakai Zoom

JAKARTA - BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika telah berhasil melakukan uji coba integrasi dan aktivasi Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1) di enam lokasi, yaitu Manokwari, Jayapura, Ambon, Batam, Kupang, dan Banjarbaru. 

Uji coba SATRIA-1 yang dilaksanakan sekitar pukul 13.30 WIB ini juga dihadiri langsung oleh Menkominfo Budi Arie Setiadi pada Kamis, 7 Desember melalui konferensi video Zoom. 

"Dari Jayapura bagaimana sinyalnya oke? Terus dari daerah mana lagi? Dari Jayapura bagus ya zoomnya? Dari Kupang? Mana lagi yang jauh, dari pulau-pulau? Dari Manokwari bagaimana? Ini masih tes ya Bu Indah, Bu Dirut?" kata Budi dalam siaran resminya. 

Dirut PT PSN, Adi Rahman Adiwoso mengatakan bahwa pelaksanaan tahap uji coba SATRIA-1 ini merupakan sebagian tes dari uji layak operasi, dan diharapkan selesai sebelum akhir Desember. 

"Zoom ini menggunakan Satelit SATRIA-1 dan jaringan SATRIA-1. Bisa dibuktikan bahwa semuanya sudah mulai jalan. Kita harapkan ini bisa selesai minggu depan secara teknis, disusul dengan masalah administrasi dan semoga sebelum Natal ada hadiah Natal pak," tutur Adi. 

Tahapan uji coba integrasi ini dilakukan setelah BAKTI Kominfo berhasil meluncurkan SATRIA-1 pada Juni 2023, berhasil mencapai orbit 146 Bujur Timur (BT) pada November 2023.